Guru-guru MAN 1 Yogyakarta Luncurkan Buku

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebayak28 guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Yogyakarta, meluncurkan sebuah buku berjudul ‘Menjadi Guru Madrasah Itu Keren’ Selasa (24/11/2020). Para guru menceritakan pengalaman menarik selama mengajar di madrasah yang selama ini identik dengan stigma pilihan kedua.

Sulistyaningsih, guru Bahasa Perancis yang jadi salah satu penulis menceritakan buku yang dibuat kali ini lebih banyak menceritakan pengalaman yang dilalui selama mengajar. Selama ini para guru merasa sebagian masyarakat masih menilai MAN adalah pilihan kedua untuk menimba ilmu.

“Selama ini pandangan masyarakat pada Madrasah itu seperti masih sebelah mata. Madrasah jadi second choice tapi kami ingin buktikan bahwa Madrasah bisa berprestasi. Bahkan beberapa tahun ini terbukti, kami terima siswa 200 dan istilahnya bisa menolak 400-500 orang. Animo masyarakat ke Madrasah cukup tinggi, kami ingin tunjukkan bahwa menjadi guru Madrasah itu keren,” ungkapnya ketika berbincang pada wartawan di sela peluncuran sekaligus launching gerakan pemberdayaan komunitas guru Madrasah Garda Kagum.

Tuslihatun Amimah, guru Matematika yang juga menjadi salah satu penulis menambahkan penyusunan buku membutuhkan waktu tiga bulan. Para guru diakui menceritakan pengalaman masing-masing saat mengajar di mata pelajaran yang diampu.

“Di buku ini, kami cerita hal-hal menarik, bagaimana pengalaman mengajar yang harapannya bisa dibaca banyak orang lain baik itu sesama guru di madrasah lain, juga nantinya para penerus kami. Kami berbagi pengalaman melalui buku ini,” ungkap Tuslihatun.

Sebelumnya, guru MAN 1 Yogyakarta juga mengeluarkan buku berjudul Belajar Dari Corona pada April 2020 lalu. Para guru menceritakan bagaimana masa pembelajaran di tengah pandemi Covid-19. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI