Guyub, Spirit Membangun Ekonomi Yogyakarta

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Gubernur DIY Sri Sultan HB X berharap UMKM menjadi mitra kerja untuk menggapai kemajuan bersama di tengah Pandemi Covid-19 ini. Selain itu, Sultan juga meminta semua pihak mewujudkan sistem ekonomi baru di Yogyakarta melalui spirit guyub dan peduli sesama.

Hal tersebut ditegaskan Sri Sultan HB X dalam Tontonan Jaga Jarak ‘Bangkit, Bangun Yogya, Guyub untuk Kemanusiaan’ yang disiarkan melalui televisi serta media daring, Jumat-Sabtu (22-23/05/2020) malam. Dalam kesempatan tersebut beberapa tokoh turut memberikan statement secara terpisah, seperti Dubes RI untuk Tiongkok Djauhari Oratmangun, Sujiwo Tedjo, Erros Djarot serta Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki.

“Sudah saatnya kembali pada titik nol guna menamkan pondasi sistem ekonomi koperasi menuju kemanusiaan yang adil beradab sesuai asas Pancasila sebagai kepribadian bangsa. Hal tersebut menjadi bekal mengisi peradaban baru Yogyakarta,” tegas Sultan.

Kepala Perwakilan BI DIY Hilman Tisnawan dalam talkshow yang dipandu Indro ‘Kimpling’ Suseno menegaskan Covid-19 ini berdampak pada semua sektor, tidak terkecuali pengusaha. Sedang ekonomi Yogyakarta yang banyak ditopang sektor UMKM pendukung pariwisata memiliki keterkaitan satu sama lain.

“Begitu satu kena, semua ikut kena. Sebab UMKM Yogyakarta hampir semua terkait pariwisata,” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI