Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Touring

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebanyak 120 pengendara motor dari berbagai komunitas di Yogyakarta, Sabtu (3/3/2018) pagi mengikuti kegiatan bertajuk ‘Rindu Touring’ yang digagas salah satu produsen ban, Corsa. Tak hanya memuaskan hasrat berkendara, anggota komunitas yang getol menunggangi kuda besi ini juga saling sharing tentang merawat kendaraan termasuk pemilihan komponen ban tepat untuk menempuh perjalanan jarak jauh.

Teddy Suryadi, pegiat touring sepeda motor yang jadi pembicara mengungkap selain keamanan motor, kesiapan diri pengendara juga jadi barang wajib diperhatikan. Menurut dia, fisik dan mental harus disiapkan karena pengendara akan menempuh perjalanan jauh.

“Motor tetap jadi yang utama baik kesiapan mesin, kelistrikan hingga kelengkapan kendaraannya. Namun selain itu, mental harus benar-benar siap karena saat berkendara sepeda motor resiko yang bisa terjadi cukup kompleks mulai dari misalnya luka hingga meninggal dunia karena kecelakaan,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Teddy yang juga mewakili brand Respiro menilai tujuan melaksanakan touring harus benar-benar diperhatikan agar tak hanya mengedepankan unsur hobi dan bersenang-senang. “Selama ini yang muncul sering dimaknai orang sebagai sikap arogan dan yang bisa mengubah adalah teman-teman bikers sendiri. Misalnya saja mau touring itu tujuannya apa, di jalan kita bisa melakukan apa untuk membantu orang lain. Hal-hal kecil inilah yang mungkin kerap dilupakan teman-teman komunitas motor,” lanjutnya.

Hal-hal tersebut menurut Teddy harus menjadi pertimbangan saat hendak melakukan touring sepeda motor khususnya komunitas yang berasal dari Yogyakarta. “Harapan kami dari Yogya muncul kesadaran untuk melakukan touring yang bermanfaat dan bakal menular ke daerah lain di Indonesia,” pungkasnya.

Sementara Akhmad Nursyamsu, Head of Brand Activation and Sport Activity PT Multi Strada Arah Sarana yang membawahi ban Corsa mengungkap di awal 2018 ini brand Corsa mengeluarkan produk baru bernama Cross C. Ban tersebut menurut Akhmad dirancang khusus agar cocok bagi medan basah dan kering dengan kontur jalan yang beragam.

“Faktor ban menurut teman-teman komunitas jadi salah satu yang penting dan kali ini Corsa hadir dengan Cross S yang dirasa cocok untuk touring. Perjalanan jauh dengan berbagai jenis jalan bisa dilibas oleh ban ini, dan harapannya bisa jadi salah satu opsi ban pilihan pengendara sepeda motor di Yogyakarta,” ungkapnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI