Hanafi Rais Mundur, Dua Nama Berpeluang Gantikan di DPR RI

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Ahmad Hanafi Rais, legislator DPR RI Daerah Pilih Yogyakarta dari PAN resmi mengundurkan diri sebagai anggota DPR RI dan dari partai, Selasa (05/05/2020) kemarin. Sepucuk surat disampaikan Hanafi yang intinya menyampaikan mundur dari partai maupun sebagai wakil rakyat di Senayan.

Hanafi dalam suratnya menyebut, PAN melewatkan momentum untuk memperbaiki diri dalam kongres yang dilaksanakan pada Februari 2020 lalu. Kecenderungan PAN melakukan konformitas terhadap kekuasaan sekalipun didahului dengan kritik dinilai bukan sikap adil saat banyak kader dan simpatisan menaruh harapan pada partai tersebut untuk menjadi antitesis pemegang kekuasaan.

Ketua DPW PAN DIY Nazarrudin mengatakan pengunduran diri merupakan buah keputusan dari pemikiran pribadi Hanafi Rais. DIY menurut dia tidak berhak menentukan pengganti lantaran kewenangan ada di ranah pusat.

“Itu menjadi kewenangan DPP, kalau saya kewenangannya di provinsi. Jadi saya tidak punya otoritas untuk menyampaikan,” ungkap Nazar.

Menurut peraturan KPU sendiri situasi tersebut masuk dalam aturan Pergantian Antar Waktu (PAW). Dengan kata lain, ketika ada PAW karena beberapa alasan salah satunya mengundurkan diri, maka penggantinya adalah calon yang perolehan suaranya terbanyak setelah Hanafi Rais dari partai dan daerah pilih yang sama.

Jika dilihat dari website resmi KPU, pemilu2019.kpu.go.id maka muncul nama Yuni Astuti di bawah Hanafi. Yuni secara keseluruhan mendapatkan 7.069 suara dari lima kabupaten/kota DIY, tepat di bawah Hanafi meski berselisih sangat jauh di mana Hanafi total mendapat 171.318 suara.

Calon lain yakni Ibnu Mahmud Billaludin yang menjadi calon nomor urut dua, mendapat total suara 6.627. Ia masih kalah dari Yuni Astuti di nomor urut tiga yang mendapat 7.069 suara. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI