Harapan Bangkit dari Pandemi, Sepanjang Jalan Prawirotaman ‘Didoakan’

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – ‘Patik ngayom wonten padeng Gusti. Murih sakehing piala mingkar. Datan purun ngganggu gawe. Jajalanat lumayu, saking dayane mantram sekti. Tumus tulus king cipta. Jinurung Hyang Agung. Tanpa ana rasa ina. Temah kaijabahi sedyaning patik. Prawirotaman mulya.’

Itulah petikan kidung pembuka arak-arakan Festival Prawirotaman yang dilagukan komunitas pelestari budaya Jawa, Sekar Pangawikan. Festival Prawirotaman yang diinisiasi Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Pariwisata, resmi dibuka, Sabtu (13/11/2021) siang.

Beberapa orang dari Sekar Pangawikan, pimpinan R Bambang Nursinggih membukanya melalui doa-doa baik kepada Tuhan. Mereka berjalan di sepanjang Jalan Prawirotaman, melantunkan kidung doa harapan agar Prawirotaman kembali menggeliat bangkit dari pandemi.

“Kami membawakan geguritan, mantra tolak bala dan doa-doa positif yang intinya meminta Covid sirna. Kami menyampaikan harapan masyarakat di Prawirotaman agar segera bisa bangkit kembali,” ungkap Bambang usai arak-arakan pembuka.

Festival Prawirotaman diselenggarakan untuk menunjukkan potensi dan eksistensi kampung Prawirotaman sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Kota Yogyakarta. Pada tahun 2021 ini, Festival Prawirotaman diselenggarakan secara hybrid pada tanggal 13-14 November 2021 dan akan tayang di kanal Youtube Pemerintah Kota Yogyakarta dan Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta pada tanggal 24 dan 25 November 2021.

Tema yang diusung tahun ini, Nyawiji Anggayuh Rasoing Kautaman, dengan harapan bisa merajut kebersamaan setiap elemen pariwisata di Kampung Prawirotaman dalam rangka membangkitkan sektor pariwisata dan menguatkan nilai-nilai tradisi yang menjadi keutamaan kampung Prawirotaman.

“Kami berharap Prawirotaman bisa bangkit, pulih secara ekonomi dan kembali menjadi destinasi andalan Kota Yogyakarta,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko.

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti menyampaikan perlunya peningkatan promosi wisata, kerjasama dan koordinasi yang strategis baik diantara sesama pengelola kampung Prawirotaman, pemerintah dan swasta sehingga mampu meningkatkan jumlah kunjungan maupun lama tinggal wisatawan. Haryadi berharap Festival Prawirotaman dapat menjadi pelecut gerak pariwisata di Kota Yogyakarta.

“Harapannya, pariwisata Kota Yogyakarta semakin optimal, kampung-kampung wisata dapat semakin dikenal, wisatawan akan semakin banyak yang berkunjung dan tentu saja perekonomian warga akan semakin meningkat,” tukas Haryadi.

Festival Prawirotaman 2021 dimeriahkan dengan Pawai Kelompok Seni, Locus Art Performance, Talkshow, Jelajah Prawirotaman, Panggung Kesenian dan Lomba Vlog. Festival Prawirotaman 2021 menampilkan sederet atraksi menarik serta menampilkan bintang tamu Shaggy Dog. Selain dilangsungkan secara hybrid, pelaksanaan Festival Prawirotaman 2021 juga dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Sementara Wakil Walikota, Heroe Poerwadi turut mengharapkan agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat agar tidak ada gelombang-gelombang Covid berikutnya terjadi. “Kami yakin masyarakat Kota Yogyakarta taat prokes karena tidak ingin muncul gelombang-gelombang kasus ke depan. Kami berharap hal ini tetap dijaga ke depan,” pungkasnya (Fxh)

BERITA REKOMENDASI