Harga Bawang Putih Mulai Melambung

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Harga bawang putih jenis kating maupun sinco mengalami kenaikan cukup signifikan kisaran 10 hingga 16 persen di beberapa pasar tradisional di Yogyakarta memasuki akhir pekan pertama Maret 2019. Kenaikan tersebut disebabkan tingginya permintaan pasar karena banyak hajatan dan libur panjang akhir pekan serta pengaruh cuaca.

Slamet, penjual bawang putih di Pasar Beringharjo mengatakan, harga bawang putih naik cukup signifikan terutama bawang putuh jenis sinco. Harga bawang putih kating naik dari Rp 33.700 menjadi 37.350/kg dan bawang putih sinco naik dari Rp 22.000 menjadi Rp 26.000/kg.

”Kenaikan harga bawang putih ini cukup signifikan karena bisa mencapai Rp 4.000/kg. Peningkatan harga disebabkan jumlah permintaan semakin bertambah dan banyak masyarakat yang sedang menggelar hajatan akhir pekan ini,” ujar Slamet di Pasar Beringharjo.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY Yanto Apriyanto mengungkapkan, dari hasil pantauan perkembangan harga komoditas bahan pangan di tiga pasar yaitu Beringharjo, Kranggan dan Demangan masih ditemui fluktuasi harga. Fluktuasi harga khususnya kenaikan harga dialami komoditi bawang putih, bawang merah dan cabai.

”Sehubungan dengan permintaan pasar yaitu banyaknya acara hajatan atau resepsi dan adanya long weekend sehingga kulineran meningkat mengerek harga komoditas bawang dan cabai,” katanya.

Yanto menjelaskan, kenaikan harga bawang dan cabai tersebut juga dipengaruhi cuaca, namun persediaan stoknya dipastikan masih mencukupi. Harga bawang putih kating dan sinco naik Rp 4.000/kg menjadi Rp 37.350 dan Rp 26.000/kg, bawang merah naik dari Rp 25.350 menjadi Rp 27.350/kg, cabai rawit merah naik dari Rp 21.700 menjadi Rp 23.700/kg dan cabai merah keriting naik dari Rp 14.350 menjadi Rp 15.000/kg.

”Harga bawang baik bawang putih dan bawang merah serta cabai naik karena banyaknya permintaan. Ditambah cuaca juga mempengaruhi harga, tetapi dari sisi ketersediaan stok ketiga komoditi bahan pangan tersebut cukup aman sehingga masyarakat tidak perlu khawatir,” ungkapnya.

Menurut pedagang pasar Beringharjo, pasokan bawang putih kualitas premium akan masuk tidak lama lagi sehingga harga bawang putih dipastikan bertahan tinggi. Sementara itu, sejumlah bahan pangan harganya masih tetap stabil terjadi pada beras, gula pasir, minyak goreng, tepung terigu, daging sapi, daging ayam dan telur ayam ras. (Ira)

BERITA REKOMENDASI