Harga Bawang Putih Terus Bergerak Naik

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Harga bawang putih impor atau jenis kating kembali mengalami kenaikan cukup signifikan di sejumlah pasar tradisional di Kota Yogyakarta. Kenaikan tersebut karena pasokan minim karena impor belum masuk dan tingginya permintaan masyarakat di DIY.

"Harga bawang putih kating yang sebelumnya hanya di kisaran Rp 39.000 hingga Rp 41.000/kg kini naik menjadi Rp 43.000/- kg. Harga bawang putih sinco ikut naik yang semula hanya Rp 26.700 menjadi Rp 28.700/- kg, disusul kenaikan harga bawang merah yang semula hanya Rp 31.700 menjadi Rp 32.700/kg," papar Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY Yanto Apriyanto.

Dari sisi ketersediaan stok untuk bawang putih kating sebenarnya masih mencukupi, namun impor belum masuk sampai saat ini sehingga memicu kenaikan harga. Sedangkan kenaikan harga bawang merah disebabkan faktor cuaca yang tentunya berpengaruh terhadap produktivitas. Di sisi lain, permintaan konsumen di DIY akan bawang putih maupun bawang merah mengalami permintaan.

"Harga bawang putih jenis kating masih di atas harga acuan dan tambahan pasokannya dari impor sampai saat ini memang belum masuk sehingga memicu kenaikan harga. Harga bawang merah sendiri lebih karena karena faktor cuaca, rentan terhadap hujan sehingga produktivitasnya turun setiap memasuki musim hujan," tandasnya.

Kenaikan harga juga dialami telur ayam negeri dari Rp 22.500 menjadi Rp 22.800/kg. Kenaikan harga telur ayam ras tersebut dikarenakan faktor cuaca dan juga permintaan yang tinggi. Harga lainnya masih stabil baik itu beras, gula pasir, minyak goreng, tepung terigu, daging sapi, daging ayam dan cabai. (Ira)

BERITA REKOMENDASI