Harga Cabai dan Bawang Mulai Naik

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Harga cabai dan bawang terus berfluktuasi di sejumlah pasar tradisional di Yogyakarta pada pekan ketiga Februari 2019. Fluktuasi tersebut dikarenakan pasokan yang berlebih diikuti kenaikan permintaan konsumen.

Kabid Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY Yanto Apriyanto menjelaskan, cabai mulai menunjukkan kenaikan di kisaran 5 hingga 10 persen. Sedangkan harga cabai sempat mengalami penurunan beberapa minggu lalu disebabkan pasokannya melimpah pascapanen di beberapa tempat

"Harga cabai merah keriting naik dari Rp 14.700 menjadi Rp 15.300/kg, cabai rawit hijau dari Rp 16.700 menjadi Rp 17.300/kg dan cabai rawit merah Rp 17.300 menjadi Rp 18.700/kg. Kenaikan harga cabai ini dipicu panen yang cukup melimpah dan permintaan cukup tinggi khususnya konsumsi untuk katering," ujar Yanto.

Kondisi yang sama juga terjadi pada bawang merah maupun bawang putih. Harga bawang merah naik dari Rp 17.300 menjadi Rp 19.700/kg dan bawang putih kating naik dari Rp 32.700 menjadi Rp 33.000/kg. Sedangkan penurunan harga telur ayam ras dari Rp 21.300 menjadi Rp 20.800/kg dikarenakan stoknya cukup melimpah di pasaran dan di beberapa pedagang cukup tersedia.

"Harga bahan pangan lainnya relatif stabil baik beras, gula pasir, minyak goreng, tepung terigu, daging sapi hingga daging ayam," tandasnya.

Disperindag DIY masih gencar melakukan operasi pasar murni beras medium dengan menyiapkan stok hingga 40 ton beras medium dari Bulog Divre DIY. Operasi pasar sudah dilakukan sejak pekan lalu yang sampai saat ini masih berjalan di pusat-pusat perekonomian dan kantong kemiskinan di kabupaten/kota se-DIY. (Ira)

BERITA REKOMENDASI