Harga Cabai di DIY Betah Mahal

YOGYA (KRjogja.com) – Harga sejumlah komoditas pangan di beberapa pasar tradisional di Kota Yogyakarta masih mengalami fluktuasi yang cenderung naik terutama komoditas cabai merah keriting, cabai merah besar dan bawang merah. Kenaikan harga komoditas tersebut dikarenakan kurangnya pasokan baik akibat yang dikirim ke pusat ataupun berkurangnya produktivitas.

Penjual sayur mayur di Pasar Beringharjo, Suyani mengatakan harga komoditas cabai dan bawang yang beberapa pekan ini mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Kenaikan ini dikarenakan karena kekurangan pasokan, contohnya bawang merah dan cabai.

"Kenaikan harga paling menonjol terjadi pada komoditas cabai dan bawang merah. Kedua komoditas ini harganya naik karena kurangnya stok, sedangkan permintaan cenderung normal saat ini," ujar Suyani di Pasar Beringharjo, Senin (29/8/2016).

Suyani memaparkan harga cabai merah keriting kini berada dikisaran Rp 26.000/Kg, cabai merah besar Rp 24.000/Kg dan bawang merah Rp 30.000/Kg. Sedangkan harga cabai rawit hijua bertahan Rp 18.000/Kg, cabai rawit merah Rp 33.000/Kg dan bawang putih kating Rp 31.000/Kg.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY, Yuna Pancawati mengatakan perkembangan harga rata-rata beberapa bahan pokok mengalami kenaikan harga di atas 5 persen. Komoditas pangan yang mengalami kenaikan antara lain cabai merah keriting, cabai merah besar dan bawang merah.

"Khusus komoditas cabai merah keriting yang semula rata-rata  Rp 25.000/Kg menjadi menjadi Rp 26.333/Kg atau naik Rp 1.333/Kg(5,06 persen). Kenaikan ini diakibatkan karena sebagian komoditas cabai merah keriting dikirim ke Pasar Induk Kramat Jati sehingga stok yang dikirim ke DIY berkurang," tutur Yuna, Senin (29/8/2016) malam. (R-4)

BERITA REKOMENDASI