Harga Daging Sapi Masih Enggan Turun

YOGYA (KRjogja.com) – Harga daging sapi untuk saat ini masih relatif stabil tinggi atau belum mengalami kenaikan pasca Idul Adha. Selain itu diyakinkan stok sapi masih aman mengingat sapi yang dipotong untuk kebutuhan pasar daging dan kurban berbeda ukuran.

Kepala Dinas Pertanian (Distan) DIY, Sasongko menyampaikan meskipun banyak sapi yang  dipotong di DIY untuk Idul Adha, tetapi banyak sapi dari luar daerah yang juga masuk ke DIY.  Pihaknya tengah mengkalkulasi jumlah hewan yang dikurbankan di DIY saat ini untuk mengetahui pengurangan populasi ternak.

"Harga daging sapi di pasar saat ini masih stabil diharga Rp 110.000 hingga Rp 120.000/Kg pasca Idul Adha. Jadi belum terlihat ada gejolak harga daging sapi karena memang stoknya masih ada di pasaran," kata Sasongko kepada KR, Jumat (16/9).

Sasongko menjelaskan sapi yang dipotong untuk keperluan konsumsi masyarakat di pasar daging dan untuk kurban berbebeda. Sapi yang dipotong untuk kurban berukuran tidak terlalu besar dengan bobot sekitar 300 sampai 400 Kg, sedangkan yang sapi untuk pasar daging berukuran lebih besar di atas 500 Kg.

"Jadi belum ada masalah kekurangan populasi sapi pasca Idul Adha, karena memang lain kelompoknya. Sapi yang untuk kurban mayoritas pejantan dan betina yang sudah tidak produktif bukan betina produktif atau jantan yang siap kawin," tegasnya. 

Distan DIY sendiri menjamin stok sapi di DIY masih aman pasca hari raya kurban karena yang dipotong untuk kebutuhan pasar daging adalah sapi yang berukuran di atas 500 Kg. Selain itu, sapi-sapi dari luar daerah masih masuk ke DIY sehingga harganya stabil tinggi untuk daging sapi segar. (Ira)

BERITA REKOMENDASI