Harga Jual Rendah, Peternak Lepas Anak Ayam di Lapangan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Para peternak melepas ratusan ekor ayam yang baru berusia sehari (DOC) di Lapangan Karang Kotagede Yogyakarta, Selasa (21/04/2020). Aksi ini dilakukan lantaran mereka sudah tak sanggup lagi untuk beternak ayam lantaran biaya produksi jauh lebih tinggi dari harga jual. Dari pada merugi mereka memilih melepas ratusan ekor anak ayam tersebut agar bisa dipelihara warga.

Salah seorang peternak, Tatak Yudho mengatakan harga ayam pedaging saat ini berkisar Rp 8.500 per kilogram, sedangkan biaya produksinya dengan waktu kurang lebih 35 hari membutuhkan biaya Rp 16.500 per kilogram. Kondisi tersebut jelas tak sebanding antara pemasukan dan pengeluaran yang dialami para peternak.

“Bahkan dengan DOC gratis dan hanya membeli pakan serta obat saja para peternak tetap rugi. Peternak sudah tidak bisa apa-apa lagi menghadapi situasi seperti ini,” ungkap Tatak Yudho.

Ia menduga jatuhnya harga jual ayam karena adanya pemain besar yang menguasai pasar. Oleh karena itu Tatak Yudho meminta pemerintah membuat regulasi untuk melindungi para peternak.

Tatak Yudho mengatakan walau merugi namun para peternak tetap berusaha bertahan. Mereka masih berharap setidaknya saat Lebaran nanti harga ayam lebih baik lagi karena konsumsi masyarakat diperkirakan akan tinggi saat itu.

“Kalau gulung tikar, belum. Banyak para peternak yang masih mencoba bertahan, setidaknya berharap sampai Lebaran nanti ada perubahan lebih baik lagi,” katanya. (*)

BERITA REKOMENDASI