Hari Bhayangkara ke-74, Polda DIY Adakan Rapid Test Masal

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Jelang perayaan hari Bhayangkara yang diperingati setiap tanggal 1 Juli, pada tahun 2020 ini mengambil tema ‘Kamtibmas Kondusif Masyarakat Semakin Produktif’ Polda DIY menggelar bakti sosial berupa rapid test massal kepada masyarakat Yogyakarta, Minggu (14/06/2020). Rapid test ini dilakukan untuk mengantisipasi dan menekan jumlah kasus penularan Covid-19.

“Giat baksos dengan membuka rapid test secara acak ini kami maksudkan untuk menekan kasus penularan virus. Memasuki masa new normal, dengan adanya kelonggaran dalam aktivitas masyarakat, kami tidak ingin masyarakat lengah akan penyebaran virus,” kata Ketua Seksi Baksos Hari Bhayangkara ke -74 yang juga menjabat sebagai Dirlantas Polda DIY, Kombes Pol I Made Agus Prasatya SIK MHum disela kegiatan.

Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, rapid test hari ini dilaksanakan di tiga titik keramaian wilayah Yogyakarta. Ketiga lokasi yang dipilih yakni Tugu Pal Putih, Kepatihan di gerbang barat dan Alun-alun Yogyakarta.

Hal senada diungkapkan Kabid Dokkes Polda DIY, Kombes Pol Is Sarifin. Pada masa pandemi ini menurutnya selain gencar sosialisasi memberikan informasi tentang Covid-19 baik pencegahan dan penatalaksanaannya, rapid test merupakan pelayanan kesehatan yang bersifat promotif dan preventif dalam menghadapi permasalahan kesehatan yang saat ini terjadi.

“Rapid test ini juga memberikan manfaat langsung bagi masyarakat luas pada umumnya, jika ditemukan adanya kasus reaktif Covid-19, antisipasi pencegahan pun akan dapat tertangani dengan segera,” ujar Is Sarifin.

Ditambahkannya dari total peserta rapid test sebanyak 150 orang, semuanya dinyatakan non reaktif. Ia berharap tren penurunan kasus positif Corona di wilayah DIY dapat terus menunjukkan grafik yang lebih baik sehingga aktivitas masyarakat dapat normal kembali. (Hrd)

BERITA REKOMENDASI