Hari Ini, Patok RoW Proyek Tol Yogya-Solo Dipasang

YOGYA, KRJOGJA.com – Tim Persiapan Proyek Pembangunan Jalan Tol di DIY mengawali pemasangan patok Right of Way (RoW) sesuai standar Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk proyek Jalan Tol Ruas Yogya-Solo sepanjang 22 kilometer (km), di titik simpul Jembatan Susun Desa Purwomartani, Kalasan, Sleman, Rabu (19/8) hari ini.

Paralel dengan pemasangan patok, Tim Persiapan sekaligus merampungkan sosialisasi pembangunan Jalan Tol Yogya-Bawen agar konsultasi publik bisa dilakukan pada September 2020 hingga Izin Penetapan Lokasi (IPL) oleh Gubernur DIY bisa diterbitkan sekaligus pada akhir tahun ini.

“Pemasangan patok RoW Jalan Tol Yogya-Solo dilakukan di titik simpul Jembatan Susun Desa Purwomartani, Kalasan, dengan tetap mempertimbangkan kondusivitas wilayah DIY dan Jawa Tengah (Jateng). Karena wilayah Klaten, Jateng baru tahapan proses konsultasi publik untuk proyek Jalan Tol Yogya-Solo via Klaten. Jadi kita tunggu sampai IPLnya terbit, sebab DIY sudah selesai untuk IPL Jalan Tol Yogya-Solo,” terang Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (PTR) atau Kundha Niti Mandala sarta Tata Sasana DIY Krido Suprayitno kepada KR di Yogyakarta, Selasa (18/8).

Krido menyampaikan, prosesi pemasangan patok RoW Tol Yogya-Solo ini dilakukan paralel dengan tahapan berikutnya berupa pembayaran ganti untung secara bertahap bagi 3.006 bidang seluas 177,5 hektare milik 2.978 warga terdampak yang diupayakan dapat terealisasi sebelum akhir tahun ini. Sebab pembangunan Tol Yogya-Solo sudah memasuki tahapan pengadaan tanah setelah pemasangan patok RoW ini.

BERITA REKOMENDASI