Hari Pahlawan, DPRD DIY Wayangan Lakon ‘Wahyu Makutharama’

YOGYA, KRJOGJA.com – Memperingati rangkaian Hari Pahlawan 2018 yang sebenarnya sudah jatuh pada 10 November lalu, DPRD DIY menggelar pertunjukan wayang kulit semalam suntuk Jumat (16/11/2018). Kali ini, dalang kondang Ki Seno Nugroho kembali  tampil membawakan lakon 'Wahyu Makutharama'.

Pergelaran wayang kulit tersebut terbuka untuk umum dan berlangsung Jumat (16/11/2019) malam di halaman Gedung DPRD DIY, Jalan Malioboro No 54, Yogyakarta. Siapa saja yang tertarik dan termasuk wisatawan yang tengah berada di pusat kota Yogyakarta bisa ikut menikmati pertunjukkan budaya tersebut. 

“Kebetulan malam libur sehingga harapannya masyarakat bisa hadir menikmati pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan lakon 'Wahyu Makutharama' yang akan dibawakan Ki Seno Nugroho. Acara ini terbuka bagi masyarakat, kami persilakan hadir dan menikmati pergelaran wayang kulit semalam suntuk bersama-sama,” ungkap Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto. 

Lakon Wahyu Makutharama yang diangkat bersamaan dengan momentum Hari Pahlawan, menurut Eko merupakan perpaduan pas. DPRD DIY berharap masyarakat bisa mengambil pesan dan petuah luhur yang terkandung dalam lakon sarat pesan keteladanan tersebut.

“Lakon 'Wahyu Makutharama' memiliki pesan yang sangat baik, ketika Begawan Kesawasidi memberikan wejangan kepada Arjuna tentang Hastabrata. Dengan momentum Hari Pahlawan maka semua pihak perlu bersama-sama meneladani sikap mental dari para pahlawan yang ikhlas berjuang, mengedepankan kepentingan bangsa tanpa menghitung untung-rugi,” tandasnya. 

Di Yogyakarta sendiri banyak tokoh pahlawan bangsa yang perlu diteladani, seperti Sultan HB IX, Paku Alam VIII, KH Ahmad Dahlan, Ki Bagus Hadikusumo, Ki Hajar Dewantara, Suryopranoto dan lain-lain. Mereka semua merupakan sosok yang ikhlas berjuang memberikan sumbangsih terbaik untuk bangsa dan negara.

Staf DPRD DIY, Yoto menambahkan nantinya masyarakat yang ingin menyaksikan bisa langsung menuju halaman DPRD DIY. Terkait parkir kendaraan, pihaknya mempersilahkan masyarakat menuju lokasi parkir resmi seperti Taman Parkir Abu Bakar Ali. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI