Hari Pertama PPKM Darurat Kasus Positif DIY Pecah Rekor 1.358

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Hari pertama penerapan PPKM Darurat di DIY, Sabtu (3/7/2021) diiringi pemecahan rekor kasus positif Covid-19. Betapa tidak, kasus terkonfirmasi positif hari ini mencapai titik tertinggi selama pandemi yakni 1.358 dengan kasus aktif saat ini mencapai 12.303 di seluruh DIY.

Data kasus tersebut merupakan data yang dirilis Dinas Kesehatan DIY dengan input yang masuk dalam sistem New All Record (NAR). Data tersebut di masukkan oleh fasilitas layanan kesehatan pengambil sample pasien yang dilanjutkan oleh laboratorium pemeriksa dan kemudian diverifikasi kabupaten/kota.

Juru bicara Satgas Covid-19 Bidang Kesehatan DIY, Berty Murtiningsih menyebut, penambahan kasus 1.358 berasal dari data NAR yang masuk hari ini. Ada beberapa kemungkinan penambahan kasus signifikan hari ini yakni terakumulasinya data yang belum masuk di hari lalu atau akibat peningkatan tracing dari satu kasus positif.

“Ada kemungkinan karena data yang kemarin belum masuk, baru masuk saat ini. Namun ada pula kemungkinan itu (peningkatan tracing 15 orang untuk satu kasus positif). Semakin banyak dicari tentu semakin banyak ketemu,” ungkap Berty.

BERITA REKOMENDASI