Heboh Kilatan Cahaya di Merapi, Ini Penjelasan BPPTKG

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebuah foto dari warganet bernama Gunarto Song memperlihatkan kilatan cahaya hijau muncul di Merapi, Kamis (27/5/2021) pukul 23.08 WIB kemarin viral di media sosial. LAPAN sempat menyebut kemungkinan adanya meteor jatuh di Merapi.

CCTV di akun sosial media Volcano YT memperlihatkan adanya cahaya tersebut muncul lalu menghilang dalam hitungan detik. Sontak muncul pertanyaan warganet apa sebenarnya yang muncul di Merapi tersebut yang membawa cahaya terang lalu tiba-tiba menghilang.

BPPTKG mengeluarkan pernyataan bawasanya kamera CCTV Deles (timur Merapi) merekam cahaya tersebut sekitar pukul 23.08.10 WIB. Namun, BPPTKG yang memang berkompetensi terhadap mitigasi Merapi tidak menemukan adanya sinyal signifikan dari data kegempaan di saat munculnya sinar tersebut.

“Dapat kami sampaikan bahwa kamera CCTV yang berada di Deles (sisi timur Gunung Merapi) sempat merekam kilatan cahaya pada tanggal 27 Mei 2021 pukul 23.08.10 WIB. Namun, tidak terdapat sinyal yang signifikan dari data kegempaan dan tidak dilaporkan terdengar suara atau terlihat kilatan cahaya dari pos-pos pemantauan Gunung Merapi,” ungkap Kepala BPPTKG, Hanik Humaida melalui pernyataan tertulis pada wartawan.

BPPTKG mengatakan tak bisa memastikan benda apa yang muncul tertangkap kamera di Merapi. Termasuk apakah benda itu merupakan benda langit yang jatuh di kawasan Merapi.

BERITA REKOMENDASI