Hengky/Dody Kurniawan, Bintang yang Meroket

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Percaturan dan persaingan bulutangkis di jajaran kepolisian, khususnya Polda DIY semakin dinamis dengan munculnya nama-nama pemain baru yang secara kualitas tidak kalah dengan senior-seniornya. Di antara pemain baru tersebut Briptu Rizky, Briptu Gilang, Briptu Anang, dan Bripda Hengky Nur Oktavian. Para pemain muda tersebut jika sudah berada di tengah lapangan, tidak lagi bicara soal ‘pangkat’, tetapi bertarung habis-habisan tetap dengan berpegang pada sportivitas.

Nama Bripda Hengky Nur Oktavian langsung ‘meroket’ ketika secara dadakan dipasangkan dengan pemain senior, Iptu Dody Kurniawan. Keduanya menjadi kuda hitam dalam Turnamen Bulutangkis Griya Bugar Cup 1 2021, akhir bulan Maret 2021. Sejak babak penyisihan hingga semi final, keduanya membuat kejutan dengan menumbangkan pasangan-pasangan yang diunggulkan. Sayangnya, terjadi penampilan antiklimaks ketika di final, pasangan Bripda Hengky Nur Oktavian/Iptu Dody Kurniawan (PB Polda DIY) harus mengakui keunggulan pasangan Aldo Artha/Heri Dwi Utomo (PB Griya Bugar).

Meski hanya menduduki posisi kedua, hasil yang dicapai debutan baru tersebut tergolong ‘istimewa’ lantaran keduanya baru berpasangan satu minggu sebelum turnamen dimulai. Bripda Hengky Nur Oktavian sebelumnya pernah bergabung di PB Djarum Kudus, tetapi setelah berdinas di kepolisian, memutuskan undur diri dari PB Djarum Kudus. Sedangkan Iptu Dody Kurniawan dua tahun terakhir bergabung di PB Polda DIY dan PB Harimau Kota. Perpaduan antara tenaga muda dan pengalaman itulah, yang menjadikan saat ini Bripda Hengky Nur Oktavian/Iptu Dodi Kurniawan menjadi ‘bintang’ di PB Polda DIY.

Salah satu pembina PB Polda DIY Bripka Ginanjar Satrio Alit, mengapresiasi positif kehadiran pasangan Bripda Hengky Nur Oktavian/Iptu Dody Kurniawan, juga pemain-pemain muda lainnya. “Mereka bisa dijadikan andalan jajaran Polda DIY dalam berbagai turnamen daerah maupun nasional,” jelas Satrio Alit, Jumat (09/04/2021).

Menurut Satrio Alit, Bripda Hengky Nur Oktavian benar-benar bisa diandalkan untuk mengangkat pamor bulutangkis jajaran Polda DIY di level nasional. Pemain lain yang bisa melengkapi posisi Bripda Hengky Nur Oktavian, masing-masing Briptu Anang, Briptu Gilang, dan Briptu Rizky.

Satrio Alit menyampaikan jika diasah secara intensif para pebulutangkis muda PB Polda DIY tersebut tidak hanya bisa berprestasi di level kepolisian, melainkan juga bisa meraih prestasi di tingkat umum. Karenanya, sebagai persiapan menuju event-event tingkat daerah dan nasional, mereka terus berlatih seminggu dua kali di GOR Pandiga, Sleman.

Dalam setiap kesempatan latihan, pemain-pemain muda itu dihadapkan dengan pemain-main senior yang sudah cukup berpengalaman, antara lain Ipda Yoyok Rachmanto, Ipda Agung Untoro, Ipda Gatot, Iptu Deny Ismail, Iptu Ryan Handono, dan Iptu Irvan Andi. Setiap kali latihan, mereka langsung dipantau oleh Pembina PB Polda DIY Kombes Pol Burkhan Rudi Satria SIK dan Ketua PB Polda DIY AKBP Heri Triyana SE MH. (Hrd)

BERITA REKOMENDASI