Hidupkan Budaya Kraton Berbasis Masjid

YOGYA (KRjogja.com) – Kehidupan seni budaya dan keagamaan yang tumbuh berkembang di sekitar Masjid Kagungan Dalem Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat hendaknya bisa selaras dengan budaya yang lahir dari Kraton Yogyakarta.

"Masjid Kagungan Dalem dan Masjid Pathok Negoro Kraton Yogyakarta akan menjadi ujung tombak kebudayaan, baik manajemen, prosedur, tata caranya. Sehingga perlu disinkronkan satu dengan yang lain meski tiap Masjid Kagungan Dalem ada ciri khas sendiri-sendiri," jelas GKR Mangkubumi saat meresmikan papan nama Masjid Kagungan Dalem Mataram Kota Gedhe serta pembukaan Festival Sholawat di Masjid Kagungan Dalem Kota Gedhe Yogyakarta, Minggu (24/7/2016).

Dengan manajemen yang baik dan tertata putri sulung Ngarsa Dalem Sri Sultan HB X tersebut yakin ke depan akan makin bagus demi kepentingan masyarakat. Sehingga ia merasa perlu untuk mengetahui potensi seni budaya apa saja yang saat ini masih berkembang di lingkungan Masjid Kagungan Dalem.

Terpisah Kepala Dinas Kebudayaan DIY Umar Priyono mengatakan kegiatan ini erat kaitannya dengan posisi Yogya karena Masjid Kota Gedhe sebagai cikal bakalnya. Keberadaan Masjid Kagungan Dalem juga menjadi satu hal positif yang akan membawa Yogya dalam satu peradaban luhur.

"Melalui kegiatan seperti inilah menjadi cara efektif membangun dan memajukan Yogya dari segala aspek, baik budaya dan agama. Posisi Masjid Kagungan Dalem memberi kontribusi positif bagi kehidupan bermasyarakat di Yogyakarta," sebutnya. (M-5)

 

BERITA REKOMENDASI