Hingga Agustus, Serapan Danais Kebudayaan Capai 60 Persen

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA (KRjogja.com) – Hingga paruh tahun 2016 ini, serapan dana keistimewaan (danais) untuk kebudayaan sudah mencapai 60 persen dari total anggaran yang dikelola Dinas Kebudayaan DIY sekitar Rp 190 miliar. Hingga akhir tahun, ditargetkan serapan anggaran bisa mencapai lebih 80 persen.

 

"Tentu targetnya naik. Tahun kemarin saja serapannya mencapai 87 persen. Sejauh ini masih 'on the track'. Jadi kami ikuti yang sudah ada, kecuali nantinya ada perubahan kebijakan di tengah jalan," tutur Kepala Dinas Kebudayaan DIY Drs Umar Priyono MPd dijumpai, Senin (8/8).

Karena itulah Umar juga berharap kegiatan kebudayaan di kabupaten/kota se-DIY terus dimaksimalkan hingga akhir tahun ini. Dengan begitu, tahun depan dapat mendukung kenaikan alokasi bidang kebudayaan dalam koridor danais yang diajukan Rp 1,5 triliun untuk tahun 2017. "Sampai sekarang masih ada daerah yang serapan danais kebudayaannya rendah. Jelas ini jadi tanggungjawab bersama untuk meningkatkannya. Paling tidak bisa naik dua kali lipat bahkan lebih agar target-target yang dicanangkan bisa terealisasi," jelasnya.

Umar juga mengatakan, sejumlah program yang memiliki prospek bagus akan tetap dipertahankan untuk makin mengokohkan kebudayaan di DIY. Namun begitu, sejumlah kegiatan lain juga terus dikaji guna makin mengembangkan kebudayaan di Yogyakarta yang sudah dikenal luas hingga mancanegara sebagai Kota Budaya. (M-5)

BERITA REKOMENDASI