Hobi Browsing, Guru Muhi Ini Terima Beasiswa ke Malaysia

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA (KRjogja.com) – Berawal dari senang 'browsing' membuka website Kedutaan Besar (Kedubes) negara mana saja, akhirnya Fitri Sari Sukmawati SPd (36), Waka Humas dan guru bahasa Inggris SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, mendapat beasiswa dari Kementerian Pendidikan Malaysia. Ketika membuka website Kedubes Malaysia, ada pengumuman kesempatan mengikuti ''Trainer Training on Oline ELT Course' di bawah The Malaysian Technical Cooperation Programme (MTCP). Fitri tertarik untuk mencoba.

"Mendaftar dan seleksinya online serta lewat telepon," cerita Fitri di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, Sabtu (17/9). Penilaian juga bukan hanya pada dirinya, tetapi juga institusi tempatnya bekerja. Peralatan apa saja yang dipunyai SMA Muhammadiyah 1. Termasuk juga sekolah mempunyai jaringan dengan mana saja.

Pihak Kedubes Malaysia sewaktu-waktu menelepon menanyakan berbagai hal kepada Fitri. Persyaratan yang harus disiapkan surat dari sekolah, yayasan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan dari Kementerian Sekretaris Negara RI karena merupakan hubungan bilateral. Kalau hubungan multilateral surat-suratnya dari Kementerian Luar Negeri RI.

Fitri berada di Malaysia 19 September – 7 Oktober 2016. Di sana mempelajari bagaimana mengajar bahasa Inggris dengan peralatan teknologi informasi. Akan tetapi pihak Kementerian Pendidikan Malaysia juga mencantumkan persyaratan, peserta harus membawa konsep untuk dipresentasikan di sana. Fitri akan memperkenalkan pembelajaran bahasa Inggris yang menyenangkan. Fitri yang merupakan Waka Humas SMA Muhammadiyah 1, sebelumnya juga banyak kegiatan di bidang penelitian. Fitri berhadap sepulang dari Malaysia, memperoleh ilmu yang bisa untuk mendukung kemajuan tempatnya bekerja. (War)

BERITA REKOMENDASI