Homeschooling HSPG Rujukan Nasional Muatan Khusus

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Puskurbuk Kemdikbud Ristek) RI melakukan uji coba capaian pembelajaran muatan khusus, khusunya rekayasa teknologi di Homeschooling HSPG Yogyakarta. Dalam kegiatan ini, Puskurbuk meminta masukan Homeschooling HSPG untuk penyempurnaan desain kurikulum muatan khusus, yang nantinya akan dijadikan kurikulum nasional.

General Manager Homeschooling HSPG, Anggo Marantika MSc mengatakan, Homeschooling HSPG menjadi rujukan Puskurbuk Kemdikbud Ristek, karena dinilai yang paling mampu menyelenggarakan muatan khusus rekayasa teknologi ini. “Dari ribuan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKMB) yang ada di Indonesia, Homeschooling HSPG adalah satu-satunya lembaga yang dipilih oleh Puskurbuk sebagai acuan penyusunan kurikulum muatan khusus, khususnya untuk keterampilan rekayasa teknologi,” terang Anggo kepada KRJOGJA.com, Rabu (29/9). Adapun kegiatan uji coba capaian pembelajaran muatan khusus diselenggarakan, 24-25 September 2021.

Dijelaskan Anggo, Homeschooling HSPG sendiri telah memiliki kurikulum muatan khusus rekayasa teknologi dan telah berjalan dengan baik. Antara lain memiliki program kreatif digital yang mengarahkan siswa menjadi konten kreator yang baik, seperti mampu membuat desain grafis dan video yang baik. Selain itu memiliki kurikulum Teknologi Informasi dan Komputer (TIK) meliputi microsoft office berikut pengembangannya seperti koding dan robotik.

Menurut Anggo, masukan-masukan dari Homeschooling HSPG ini nantinya akan menjadi input bagi Puskurbuk dalam penyempurnaan desain kurikulum muatan khusus. “Setelah uji coba ini, Homeschooling HSPG akan dilibatkan kembali di tahap akhir penyusunan kurikulum,” katanya. Hadir dalam kegiatan, antara lain Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta Dedi Budiono MPd, asesor, penilik, praktisi TIK, perwakilan Purkurbuk dan guru-guru Homeschooling HSPG yang terlibat di bidang rekayasa teknologi.

Direktur Homeschooling HSPG, Ir Kusnanto MM mengatakan, keterlibatan dalam pilot project Puskurbuk menjadi kebanggaan tersendiri bagi Homeschooling HSPG. Menurutnya, hal ini merepresentasikan bahwa lembaga Homeschooling HSPG dipandang mampu melakukan kegiatan muatan khusus, khususnya keterampilan rekayasa teknologi. (Dev)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI