Hormati Perayaan Paskah, Prajurit Pemeluk Kristiani Diliburkan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Para prajurit Kodim 0734 Yogyakarta pemeluk Kristiani mendapat llibur satu hari dalam pelaksanaan TMMD Reguler ke-101 yang dipusatkan di Kelurahan Pandean Kecamatan Umbulharjo, Jumat (30/03/2018). Hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi para prajurit dalam melaksanakan rangkaian ibadat Paskah mulai dari Misa Kamis Putih, Jumat Agung dan Minggu Paskah.

Komandan Kodim (Dandim) 0734 Yogyakarta, Letkol (Inf) Rudi Firmansyah menegaskan melaksanakan ibadah merupakan hak seluruh warga negara Indonesia, tak terkecuali para prajurit. Ini sekaligus sebagai bentuk cerminan toleransi antar sesama warga negara untuk saling menghormati pemeluk agama satu dengan lainnya.

“Siapapun tak boleh menghalangi seseorang untuk berhibadah, termasuk komandan sekalipun. Karena itu semua telah diatur dalam undang-undang tentang negara memberi kebebasan bagi warganya untuk melaksanakan ibadah menurut agama yang dianut masing-masing,” tegas Rudi Firmansyah saat meninjau langsung pelaksanaan Pra TMMD Reguler ke-101 Kodim 0734 Yogyakarta di Kelurahan Pandean Kecamatan Umbulharjo, Jumat (30/03/2018).

Diungkapkannya, dalam tim satgas yang dibentuknya ini setidaknya ada 20 orang parajurit pemeluk Kristiani yang  dilibatkan pada pelaksanaan TMMD Reguler ke-101 ini. Walau ditinggal libur para prajurit namun Rudi Firmansyah memastikan hal itu tak akan mempengaruhi kerja di lapangan, pasalnya tetap ada prajurit lain yang bekerja dengan kekuatan jumlah yang sama.

Ditegaskannya, dalam keseharian pun para prajurit juga tetap memiliki kesempatan untuk mendapatkan libur secara bergiliran. “Jadi walaupun tanggal merah sekalipun pengerjaan di lapangan tetap ada, karena sudah ada jadwalnya masing-masing,” tegasnya.

Tak ketinggalan Rudi Firmasnyah mengucapkan selamat merayakan rangkaian ibadah Paskah bagi para prajuritnya dan umat Kristiani pada umumnya. Dengan semangat Paskah diharapkan mampu mempererat tali persatuan dan kesatuan bagi bangsa serta semakin memupuk jiwa toleransi bagi seluruh masyarakat negeri ini. (Van)

BERITA REKOMENDASI