Hotel di Yogya Mahal, Wisatawan “Mlipir”

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Dua wisatawan asal Jakarta, Uma Widya bersama putrinya Sabtu (23/12/2017) terpaksa kembali ke kota asalnya melalui Stasiun Tugu Yogyakarta. Keinginan memperpanjang liburan keduanya terpaksa diurungkan setelah tak mendapat kamar hotel dengan harga yang sesuai dengan budgetnya lantaran kenaikan harga jelang libur panjang Natal Tahun Baru. 

Kepada wartawan, Uma menceritakan sebenarnya ia bersama sang putri telah berada di Yogya sejak 18 Desember lalu. Karena sang suami hendak menyusul berlibur bersama, Uma berniat memperpanjang masa liburan hingga lepas akhir tahun. 

Namun, saat hendak memperpanjang masa tinggal, ia kaget karena harga hotel sudah naik cukup mahal. “Sulit sekali mencari kamar hotel, ada pun harganya sudah lebih dari Rp 1 juta. Yasudah akhirnya memutuskan kembali ke Jakarta, malam tahun baruan di Jakarta saja,” ungkapnya ketika sedang menanti kereta menuju Jakarta. 

Uma juga sempat heran mengetahui fakta tersebut karena mendengar bahwa kini jumlah hotel di Yogyakarta sudah sangat banyak berdiri. “Harganya kok naiknya jauh sekali dibandingkan yang saya pesan jauh hari, padahal setahu saya banyak sekali hotel di sini,” sambungnya. 

Menanggapi hal tersebut, walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti melemparkan keprihatinan. Haryadi pun mengingatkan para pelaku pariwisata agar taat pada asas yang seharusnya dan tidak menerapkan aji mumpung. 

“Semuanya termasuk hotel harus taat asas, jangan aji mumpung karena akan mempengaruhi image Yogyakarta,” ungkapnya pada wartawan di Balaikota Yogyakarta. 

Sementara ketika dikonfirmasi, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY Istijab Danunegoro tak menampik saat ini tarif hotel mengalami kenaikan 10-20 persen. “Di ring 1 memang sudah 100 persen terisi, dan memang ada kenaikan 10-20 persen,” terangnya. 

Istijab juga mengatakan bahwa untuk akhir tahun ini, harga kamar di hotel berbintang di Yogyakarta sudah lebih dari Rp 1 juta. “Untuk bintang memang sudah diatas Rp 1 juta,” pungkasnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI