HSPG Persiapkan Siswa Hadapi UPK, ASPD dan Masuk PTN

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – HSPG (Homeschooling Primagama) mengadakan ‘Parents Meeting’ secara daring, Kamis (4/3/2021) diikuti tak kurang 250 orang tua/wali siswa dari HSPG Pusat dan beberapa HSPG Cabang di seluruh Indonesia. Dalam kegiatan ini disampaikan beberapa informasi penting, antara lain terkait persiapan Ujian Pendidikan Kesetaraan (UPK), Asesmen Nasional (pengganti UN), Asesmen Standar Pendidikan Daerah (ASPD) dan persiapan masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) untuk siswa jenjang SMA.

Direktur HSPG Ir Kusnanto MM mengatakan, tahun 2021 ini terdapat sejumlah perubahan kebijakan, terutama untuk pendidikan nonformal. Menurut dia, hasil ASPD bisa untuk mendukung Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) lewat jalur prestasi, khsusnya bagi siswa kelas 6 dan 9. “Dalam PPDB ada jalur zonasi dan prestasi. Kalau pakai jalur zonasi tidak memungkinkan untuk mendaftar di sekolah pilihannya, siswa bisa memakai jalur prestasi. Oleh karena itu persiapan ASPD perlu kita sosialisasikan ke orang tua lebih dini,” terang Kusnanto kepada KRJOGJA.com usai parents meeting.

Kusnanto juga menginformasikan, bahwa mulai tahun ini, siswa jenjang SMA dari pendidikan nonformal bisa mendaftar ke perguruan tinggi negeri melalui jalur tanpa tes (jalur undangan). Tak hanya itu, siswa HSPG juga terbuka kesempatan melanjutkan kuliah ke luar negeri, setelah HSPG menjalin kerja sama dengan ‘City College Plymouth’. “Dengan adanya parents meeting ini diharapkan para orang tua punya pemahaman yang lebih komprehensif, sehingga bisa mempersiapkan dengan baik putra-putrinya menghadapi UPK, Asesmen Nasional, ASPD dan seleksi masuk PTN,” katanya.

BERITA REKOMENDASI