Hujan Angin Masih Perlu Diwaspadai

YOGYA (KR) – Hujan lebat disertai petir dan angin kencang yang terjadi sejumlah tempat dalam beberapa hari terakhir perlu diwaspadai. Karena dari hasil pengamatan dan prakiraan iklim di wilayah DIY pada bulan Januari sampai Februari 2021 merupakan periode puncak musim hujan. Di mana pada puncak musim penghujan intensitas curah hujan bulanan bisa di atas 300 mm/bulan.

“Dalam puncak musim penghujan biasanya potensi cuaca ekstrem cenderung meningkat. Seperti curah hujan kategori lebat hingga sangat lebat. Dari faktorfaktor pengendali iklim di wilayah Indonesia, saat ini yang sedang aktif berpengaruh adalah Monsoon Asia,” kata Kepala Kelompok Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Sleman Etik Setyaningrum MSi di Yogyakarta, Kamis (4/2).

Etik mengungkapkan, adanya daerah Konvergensi Antar Tropis (ITCZ) memperlihatkan anomali yang mengarah pada penguatan curah hujan tinggi di sebagian besar wilayah Indonesia termasuk DIY. Adapun untuk fenomena La Nina saat ini masih aktif yang diprediksi indeks mengarah ke kondisi normal pada bulan Mei 2021. Hasil pengamatan kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil ikut berkontribusi juga mendukung pertumbuhan awan hujan di wilayah DIY.

BERITA REKOMENDASI