Hujan Angin Mengintai Yogya

Editor: Ivan Aditya

YOGYA (KRjogja.com) – Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta memprediksi wilayah DIY masih berpotensi terjadi hujan lebat disertai angin kencang hingga Selasa (29/11/2019) mendatang. Hal tersebut dikarenakan masih hangatnya permukaan air di laut selatan yang membuat penguapan semakin mudah terjadi dan berpotensi menghasilkan awan hujan.

Koordinator Stasiun Klimatologi Yogyakarta, Joko Budiono mengatakan, saat ini pertumbuhan awan hujan di wilayah DIY masih sangat mungkin terjadi mengingat suhu air laut selatan masih berkisar antara 1,5 hingga 2 derajat Celcius. Hal tersebut ditambah dengan adanya pertemuan angin di Pulau Jawa yang kemudian membawa awan hujan ke suhu yang lebih rendah hingga kemudian menghasilkan hujan dengan intensitas cukup tinggi.

"Prediksi kami hingga Selasa (29/11/2016) depan masih akan terjadi hujan dengan intensitas cukup tinggi dan kecepatan angin masih kencang antara 25 knot. Kami meminta masyarakat untuk waspada karena potensi hujan petir plus angin masih sangat mungkin terjadi di DIY," terangnya dalam sebuah diskusi yang digelar di Kantor DPRD DIY, Sabtu (26/11/2016).

Sementara suhu di daratan wilayah Yogyakarta menurut Joko juga masih didominasi kandungan uap air antara 70-90 persen. "Kandungan uap air ini cukup tinggi dan bisa membentuk awan hujan, ini juga salah satu penyebab mengapa curah hujan masih tinggi," ungkapnya lagi.

Beberapa wilayah di Kabupaten Sleman, Kulonprogo, Bantul dan Gunungkidul disebutkan Joko juga masih berpotensi terjadi angin kencang yang bisa mengakibatkan pohon tumbang. "Di Sleman hampir semua daerah, sementara Kulonprogo di Samigaluh dan Kalibawang, Bantul ada di Sewon, Kasihan dan Piyungan sementara Gunungkidul di beberapa wilayah seperti Semanu dan Rongkop," imbuhnya.

BMKG DIY sendiri nantinya akan memperbaharui pendataan terkait prediksi cuaca di wilayah DIY hingga seminggu kedepan pada Selasa (29/11/2016). Hal tersebut dilakukan agar masyarakat bisa lebih mempersiapkan diri terhadap cuaca di DIY. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI