Hujan Es Landa Kota Yogyakarta dan Bantul

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Warga di beberapa wilayah Kota Yogyakarta dan Kabupaten Bantul merasakan hujan es, Rabu (10/03/2021) sore. Es turun bercampur hujan air deras yang turun di hampir sebagian besar wilayah Yogyakarta sore tadi.

Dilaporkan hujan es dirasakan warga di Kasihan, Pleret, Sewon dan Banguntapan. Di beberapa wilayah Kota Yogyakarta juga tercatat laporan seperti Mangkuyudan, Umbulharjo dan Bugisan.

Slamet Jumiarto, seniman yang sedang berada di Jalan Bugisan Tirtonirmolo Kasihan Bantul sempat merekam fenomena hujan es. Menurut dia, hujan es terjadi setelah sebelumnya hujan deras melanda kawasan tersebut.

“Hujan deras dulu, lalu muncul fenomena hujan es. saya sempat memvideo ketika berada di depan Kopi Macan Jalan Bugisan. Sebesar batu kerikil tadi sempat saya pegang juga. Kejadian sekitar pukul 15.13 WIB,”  ungkapnya.

Ia bersama beberapa orang yang ada di lokasi sempat mendengar suara keras es saat mengenai atap lalu keluar ruangan dan menemukan es sebesar kerikil. “Suaranya sempat terdengar ting klothak di atap, ternyata hujan es batu,” sambung pria yang juga pelukis ini.

Kejadian hujan es sendiri berlangsung cukup singkat antara lima menit. Tidak ada kerusakan yang terjadi akibat fenomena alam tersebut.

“Tidak ada kerusakan, hanya awalnya kaget karena ting klothak tadi. Namun semua baik-baik saja di lokasi saya tadi,” pungkas dia.

Sementara, Manajer Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul, Aka Lukluk Firmansyah mengatakan hujan es dilaporkan terjadi di Kapanewon Sewon, Kapanewon Kasihan dan Kapanewon Banguntapan.

“Iya memang beberapa daerah dilaporkan hujan es. Untuk daerah yang sudah melapor ada Sewon, Kasihan dan Banguntapan,” ungkapnya saat dihubungi wartawan. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI