Hujan Hanya Sementara, Gelombang Tinggi Mengancam

YOGYA, KRJOGJA.com – Beberapa hari terakhir wilayah DIY dan sekitarnya diguyur hujan. Kondisi ini diperkirakan masih akan terjadi dalam 2-3 hari ke depan.

“Kondisi ini hanya bersifat sementara. Diprediksi paling lama 2 -3 hari saja. Awal musim hujan di wilayah DIY diprediksi baru akan terjadi pada pertengahan Oktober hingga awal November,” ujar Kepala Kelompok Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Yogyakarta, Etik Setyaningrum, Kamis (13/8).

Mengenai hujan yang terjadi, berdasarkan analisis BMKG disebabkan pertemuan arus angin di wilayah Jawa. Ini ditandai dengan belokan angin dan perlambatan kecepatan angin akibat aktivitas sirkulasi siklonik yang berpusat di Perairan Selatan NTT.

Perlambatan kecepatan angin ini mengakibatkan penumpukan massa udara di wilayah Jawa, sehingga mendukung pertumbuhan awan tipe Stratiform (jenis awan rendah) bersifat merata. “Ini yang menyebabkan hujan ringan cukup lama di wilayah DIY,” ungkapnya.

Sementara itu untuk tinggi gelombang di perairan DIY hingga Samudera Hindia bagian selatan dalam beberapa hari ini dalam kategori tinggi, berkisar 2.5-4 meter. Kondisi ini diprediksi masih akan berlangsung dalam beberapa hari ke depan. Arah angin di perairan selatan DIY dari timur hingga tenggara dengan rata-rata kecepatan angin maksimum mencapai 10-20 knot.

BERITA REKOMENDASI