Hujan, Potensi Aliran Lahar Merapi Cukup Besar

YOGYA, KRJOGJA.com – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi memperingatkan potensi terjadinya aliran lahar setelah meletusnya Gunung Merapi, Minggu (17/11/2019). Aliran lahar ini berpotensi terjadi jika hujan melanda kawasan gunung tersebut.

Baca Juga: Gunung Merapi Kembali Erupsi Hari Ini

"Masyarakat agar mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di sekitar puncak Gunung Merapi," seperti tertulis dalam keterangan tertulis PVMBG yang diterima Minggu.

Sebelumnya, Gunung Merapi meletus dengan kolom awan setinggi 1.000 meter pada pukul 10.46 WIB. Saat gunung meletus, angin bertiup ke barat. BPPTKG mengingatkan masyarakat untuk waspada.

Hingga saat ini, BPPTKG mempertahankan status Gunung Merapi pada Level II atau Waspada dan untuk sementara tidak merekomendasikan kegiatan pendakian kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian yang berkaitan dengan mitigasi bencana.

BPPTKG mengimbau warga tidak melakukan aktivitas dalam radius tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi.

Baca Juga: Penerbangan Diminta Waspadai Dampak Letusan Merapi

Masyarakat juga diminta tidak terpancing isu-isu mengenai meletusnya Gunung Merapi yang tidak jelas sumbernya dan tetap mengikuti arahan aparat pemerintah daerah atau menanyakan langsung ke Pos Pengamatan Gunung Merapi atau kantor BPPTKG, atau melalui media sosial BPPTKG.(*)

BERITA REKOMENDASI