Humor Gus Dur Cerminkan Kecerdasan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Institute of Shouteast Asia Islam (ISAIs) UIN Sunan Kalijaga dan Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga bekerja sama dengan Gusdurian Yogya menggelar bedah buku berjudul ‘Sang Kosmopolit’ karya Hairus Salim di Teatrikal Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga. Kegiatan ini rangkaian Ziarah Pemikiran Gus Dur yang puncaknya dilaksanakan di PP Sunan Pandanaran Yogyakarta, 27 Februari mendatang.

“Gus Dur paling tidak suka dipuji, tapi beliau lebih suka ditertawakan. Acara bedah buku inipun harus ditegaskan bukan dalam rangka untuk memuji, tapi melanjutkan perjalanan perjuangan kemanusiaannya,” papar putri Gus Dur Alissa Wahid yang juga Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian.

Alissa menambahkan, dalam diri Gus Dur bisa ditelaah dengan melihat sembilan nilai utama yang dibuat murid dan pengagum Gus Dur. “Dan buku ini memotret secara ciamik Gus Dur yang kompleks,” ujarnya.

Dijelaskan, Gus Dur juga tidak pernah lepas dari buku. Karena buku merupakan sumber dalam memaknai kehidupan. “Kita perlu belajar dari Gus Dur untuk melihat diri sendiri dan mengambil inspirasi bagi Indonesia,” tuturnya.

Wakil Direktur ISAIs, Wiwin Siti Aminah Rohmawati MAg menjelaskan, Gus Dur adalah sosok yang kompleks dan melampaui identitas. Setelah Gus Dur wafat, telah banyak riset ilmiah yang ditulis mulai dari skripsi, tesis, hingga disertasi tentang pemikiran Gus Dur. Forum ini menghadirkan pembicara Hairus Salim (penulis Buku Gus Dur), Zuly Qodir (akademisi) dan Alissa Wahid (putri sulung Gus Dur). Acara dibuka Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja sama Dr H Waryono MAg.

Hairus Salim dalam paparannya menyampaikan, buku ini merupakan hasil refleksi tentang perjalanan historis kebersamaannya dengan Gus Dur. Sebagai pembedah buku, Zuly Qodir menceritakan pengalamannya bahwa Gus Dur dalam berbagai forum ilmiah selalu menjadi bintang dengan kepiawaiannya dalam memaparkan gagasan. Gus Dur juga diidentikkan dengan humor, karena sejatinya humor adalah bagian dari tanda kecerdasan. (Feb)

BERITA TERKAIT