HUT Ke 16, RCJM Berbagi Kebahagiaan Bersama Lansia

YOGYA,KRJOGJA.com – Rotary Club of Jogja Merapi (RCJM) merayakan ulang tahun ke-16 di Cafe Cangkir 6, Bintaran Yogyakarta, Minggu (20/10/2019). Disesuaikan tema Rotary tahun 2019-2020 'Rotary Connect The World', RCJM memilih merayakan hari jadinya dengan berbagai kebahagiaan bersama 60 orang lansia warga sekitar (bantaran Sungai Code).

President Ratri Respati dari RCJM mengatakan, jika selama ini RCJM kebanyakan menyelenggarakan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang lokasinya jauh, maka kali ini saatnya bersilaturahmi (srawung) dengan warga terdekat. "Kebetulan ultah RCJM bertepatan dengan Hari Lansia Internasional, sehingga kita undang lansia untuk menunjukkan rasa kasih dan hormat kami kepada yang lebih tua," kata Ratri kepada KRJOGJA.com disela acara.

Menurut Ratri, lansia sering dikonotasikan sebagai kelompok rentan yang selalu bergantung pada orang lain dan menjadi beban tanggungan keluarga, masyarakat dan negara. Hal ini diperparah dengan kondisi sosial ekonomi keluarga yang belum sejahtera. Lansia yang secara fisik sudah banyak mengalami kemunduran, seringkali mengalami diskriminasi, bahkan mungkin kekerasan. "Kesehatan fisik, kesehatan mental lansia sangat perlu diperhatian," katanya.

Dalam acara diselipkan talkshow bertema 'Lansia Sehat Jiwa Raga' oleh Rotarian dr Mahindria Vici Virahayu SpOG dilanjutkan ramah tamah sembari menikmati hidangan tradisional dan musik yang memainkan lagu-lagu nostalgia. Pada penutupan acara, President Ratri Respati membagikan bingkisan kepada para lansia. (Dev)

BERITA REKOMENDASI