IAI DIY Komitmen Ciptakan Desain Berkelanjutan untuk Yogyakarta

YOGYA, KRJOGJA.com – Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) DIY menggelar Musyawarah Provinsi dengan agenda pemilihan ketua umum baru Jumat-Minggu (26-28/4/2019). Dalam pemilihan, yang dilaksanakan Sabtu (27/4/2019) petang ditetapkan kepengurusan baru dengan ketua incumbent yakni Ahmad Syaifudin Mutaqie untuk memimpin IAI DIY dalam masa bakti 2019-2022. 

Pengukuhan dilaksanakan langsung oleh Ketua IAI, Ahmad Djuhara yang menyerahkan mandat pusat kepada ketua baru IAI DIY. Djuhara mengungkap bawasamya IAI DIY telah melaksanakan musyawarah provinsi yang mana hal tersebut sesuai dengan ketentuan organisasi. 

“Hari ini kami menetapkan ketua setelah IAI DIY sebelumnya telah menggelar musyawarah provinsi. Kepengurusan yang baru ini akan mengelola organisasi dengan masa bakti 2019-2022,” ungkapnya. 

Sementara ketua terpilih yang juga incumbent  Ahmad Syaifudin Mutaqie mengungkap IAI DIY tetap berkomitmen mewujudkan arsitektur berkelanjutan untuk bangunan yang didesain khususnya di DIY. Hal tersebut menurut dia sesuai dengan tanggung jawab arsitek yang membentuk sebuah peradaban manusia. 

“Kami tetap berfokus pada hal tersebut, arsitek yang berkelanjutan. Namun selain itu, ada yang juga penting yakni amanat UU nomor 6 tahun 2017 tentang arsitek, di mana kerjasama dengan pemda harus diperkuat terkait adanya aturan main lisensi profesi arsitek,” ungkapnya. 

Dalam pemilihan sendiri, IAI DIY menggunakan sistem e votting melalui aplikasi IAI Connect. Dengan mudah pemilik hak suara mengakses dan memberikan pilihan dalam kontestasi ketua umum IAI DIY. 

Ahmad Syaifudin Mutaqie mendapatkan total 149 suara sementara satu calon lainnya yakni Barito Adi Buldan mendapat 54 suara. Hasil tersebut disepakati setelah adanya quick count dan akhirnya terpilihlah kembali Mutaqie sebagai ketua IAI DIY 2019-2022. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI