Ibadah Ekumene Satukan Umat Kristiani

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebanyak 7 Pendeta Kristen dan 3 Pastur Katolik Gereja Kumetiran memimpin Ibadah Ekumene dalam rangkaian HUT Ke-75 Gereja Katolik Hati Santa Perawan Maria Tak Bercela Kumetiran Jumat (20/09/2019). Ibadah yang juga dihadiri umat gereja Kristen dan Katolik ini membawa semangat persatuan dan kesatuan umat Kristiani.

"Membawa tema dari Kolese 3:156, kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. Umat Kristen dan Katolik semua percaya  dan menjadi muridNya, sebagai sesama umat Kristiani bersatu dalam doa," ucap Rm Y Dwi Harsanto Pr yang membuka ibadah.

Kemudian bergantian pendeta dan pastur memimpin ibadah dari Pdt Agus Eka (Gereja Kristen Tabernakel), Pdt Andi (GKJ Demakijo), Pdt Yussac CK (GKI Ngupasan), Pdt Romy FP (GPIB Margomulyo), Pdt Agus P (GKJ Bambu Tegalrejo), Pdt Yoel Suwartono (GJKI Elim Tegalrejo), Pdt Ibu Edi MK (Gereja Tabernakel), serta dua Romo Gereja Kumetiran lainnya Rm Sumantara Pr dan Bondan Pujadi Pr. Paduan suara juga gabungan dari berbagai gereja.

"Sudah 4 kali mengikuti ibadah Ekumene setiap tahun bersama jemaat sejak 2016. Sangat bagus dan membuka komunikasi antar gereja," ucap Pdt Agus P usai ibadah.

Demikian pula Pdt Yusaac menyatakan ibadah Ekumene sebagai langkah baik dari Gereja Kumetiran. "Gerakan Ekumene bisa berlanjut kerja sama, saling mengunjungi. Sementara saat ini masih dalam momentum khusus. sambil mencari waktu yang tepat," ujarnya.

Sedangkan Ketua Panitia HUT Berlian Gereja Kumetiran, A Joko Tirtono menyebutkan rangkaian Pesta Berlian Gereja Kumetiran sarat dengan komunikasi dan persaudaraan lintas iman seperti Kenduri Lintas Iman, Pertemuan Round Table Sharing Dinamika Pemberdayaan Sosial Ekonomi  Umat  Antar Agama.

"Juga berbagi berkat dalam masyarakat multikultural dengan kegiatan olahraga,  sosial lainnya sesuai semangat Berlian untuk Berbagi, Peduli dan Perhatian," tegas Joko. (M-3)

BERITA REKOMENDASI