Icip-icip Es Tape Pak Tukino yang Melegenda

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Mengupas kuliner minuman di Yogyakarta memang tidak bakal ada habisnya. Salah satunya es tape segar yang sudah melegenda ini tidak pernah bosan membuat lidah warganya bergoyang.

Berada di Jalan Kusumanegara, tepatnya di depan Sekolah Menengah Teknologi Industri (SMTI) dapat dijumpai pedagang es tape yang segar. Mulai buka sejak pagi, es berwarna putih ini siap melepas dahaga dengan rasanya yang khas.

Kata Tukino sang penjual, ia sudah berjualan es tape sejak tahun 1969 ketika masih berumur 18. Hingga saat ini pria yang akrab disapa Pak No tersebut usianya sudah 68 tahun dan ia masih setia berjualan es tape.

“Yang minum di sini banyak, dari anak-anak sekolah bahkan hingga bapak Polisi. Es tape saya ini juga sering dijadikan hidangan di Kraton,” kata Pak No.

Ide membuat es tape berangkat dari seorang kawannya yang berada di Ciamis Jawa Barat. Waktu berkunjung ke rumah temannya bersebelahan dengan tempat pembuatan es tape yang terkenal di Ciamis.

“Saya ingin tahu bagaimana cara membuatnya. Lalu saya mencoba dalam satu minggu kemudian belajar jual sendiri dan akhirnya jualan sampai sekarang,” jelasnya.

Tempat yang biasa pak No singgahi untuk berjualan begitu sederhana. Untuk menyeruput es tape Pak No di tempat sudah disediakan bangku kecil yang menghadap ke jalan. Tiap hari, kakek empat orang cucu ini mempersiapkan dagangannya sejak pagi.

“Saya mulai sebelum subuh sudah belanja sampai jam 10.00 WIB baru selesai. Sampai sini jam 11.30 WIB,” ucapnya disela-sela melayani pembeli.

Pak No berjualan dibantu sang istri yang setia menemaninya mulai dari penyiapan bahan hingga penyuguhan es tape kepada pembeli. Bahannya pun cukup sederhana, antara lain es batu yang digosrok, tape, vanili, santan, kelapa muda.

Rasa es tape Pak No memang nikmat, tak heran es ini digemari lintas usia. Risal salah satunya, pria asli Wonosari ini menceritakan banyak pelanggan yang orang tuanya juga pelanggannya sejak dulu. “Saya sudah langganan sejak lama disini, soalnya enak sekali,” ucap Rizal.

Es tape segar ini dapat dibeli dengan harga yang sangat murah. Segelas es tape harganya Rp 4.000. Bila ingin menikmati es dengan roti tawar, tambah Rp 2000 saja.

Pak No berjualan es tape segar hingga dagangannya habis, sekitar jam 15.00 atau 16.00 WIB. Ingin mencicipi es ini, langsung saja menuju depan SMTI Jalan Kusumanegara Yogyakarta. (Ive)

BERITA REKOMENDASI