Idealnya Kota Yogya Miliki Empat Posko Pemadam Kebakaran

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Meski ketersediaan personel masih terbatas namun wilayah manajemen kebakaran diupayakan diperluas. Salah satunya dengan menambah posko pemadam kebakaran untuk wilayah tengah Kota Yogya.

Kepala Seksi Operasional dan Penyelamatan Dinas Kebakaran Kota Yogya Mahargyo, mengungkapkan idealnya di Kota Yogya terdapat empat wilayah manajemen kebakaran. Akan tetapi saat ini baru tersedia di dua tempat yakni posko induk di kompleks balaikota dan posko barat di Jalan Kyai Mojo.

“Tahun ini kami sudah mendapat persetujuan untuk menambah posko yang ketiga. Lokasinya di sebelah barat Alunalun Utara,” jelasnya.

Tahap awal pembangunan posko baru tersebut akan dilakukan dengan penyusunan Detail Engineering Design (DED) pada akhir tahun ini melalui perubahan anggaran. Selanjutnya pada tahun depan ditargetkan sudah bisa dilakukan pembangunan fisik. Teknis pembangunan posko pun disesuaikan dengan standar, yakni tidak sekadar tempat armada namun juga dilengkapi bak penampungan air.

Posko pemadam kebakaran di kawasan Alun-alun Utara tersebut kelak akan disesuaikan dengan posko di Jalan Kyai Mojo. Yakni dilengkapi dua armada pemadam kebakaran dan dua regu penyelamatan. Wilayah jangkauannya tidak hanya sebatas kawasan Kraton maupun pusat wisata atau objek vital melainkan hingga wilayah selatan atau Mantrijeron. “Setiap regu idealnya ada enam orang namun karena keterbatasan personel, kami hanya siagakan lima orang,” imbuhnya.

Selain itu, posko keempat juga akan diupayakan dibangun di wilayah selatan. Dua lokasi yang sudah dipetakan ialah wilayah XT Square dan eks Kantor Inspektorat di Gambiran. Rencananya, posko keempat untuk menjangkau wilayah Kotagede dan sekitarnya.

Mahargyo, menjelaskan penambahan posko tersebut tak lain guna memenuhi batas response time penanganan kebakaran. Sesuai ketentuan, petugas harus mampu menjangkau lokasi kebakaran kurang dari 15 menit sejak mendapatkan laporan. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI