Idealnya Masa Kerja LOD DIY Diperpanjang

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Kinerja Lembaga Ombudsman Daerah (LOD) DIY pada paruh waktu setahun ini, tergolong sudah memenuhi harapan masyarakat, terutama berkaitan dengan fungsi pengawasan terhadap lembaga-lembaga pemerintah yang berhubungan langsung dengan fungsi pelayanan publik. LOD DIY saat ini dipimpin Dr Suryawan Rahardjo SH LLM gencar melakukan upaya ‘jemput bola’ agar bisa bersinergi dengan pemerintahan dalam melakukan fungsi persuasif dan preventif terhadap kebijakan-kebijakan yang berhubungan dengan pelayanan publik.

Hal tersebut disampaikan Direktur Indonesia Monitoring Procedur of Law (Implaw) Yogyakarta R Chaniago Iseda SH, Jumat (20/08/2021). Chaniago Iseda menyampaikan agar LOD DIY bisa meningkatkan lagi kinerjanya, kiranya perlu dipikirkan masalah efektivitas waktu masa kerja. Selama ini kepengurusan LOD DIY berlaku 3 tahun, itu dianggap masih kurang untuk mengoptimalkan kinerja.

Agar LOD DIY bisa bekerja sesuai harapan masyarakat, efektif dan efisien dalam pengawasan dan penanganan kebijakan dan pelayanan publik perlu kiranya dilakukan perpanjangan masa tugas LOD DIY. Idealnya, masa tugas LOD DIY lima tahun.

“Ini sebatas usulan, semoga pihak-pihak berkompeten bersedia mempertimbangkan demi kepentingan masyarakat. Idealnya masa tugas LOD DIY lima tahun,” ujar Chainago Iseda.

Ditambahkan, LOD DIY telah menjalankan fungsinya dengan mengedepankan komunikasi antara SKPD terkait di seluruh jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) . Setidaknya hal itu telah dibuktikan terhadap kebijakan pemerintah, untuk melindungi masyarakat dari serangan virus korona di masa pandemi Covid-19.

Selain itu, LOD DIY jug mengawasi proses penyaluran bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat terdampak Covid-19, baik dari pemerintah maupun lembaga-lembaga lain. Disampaikan, LOD DIY wajib memperhatikan kinerja semua lembaga selama pandemi Covid-19, guna menghindari terjadinya penyimpanan-penyimpangan, baik secara administrasi maupun pelaksanaan di lapangan.

Menurut Chaniago Iseda, LOD DIY terus mengupayakan agar eksekutif dalam pelaksanaan di lapangan sesuai dengan fungsinya, tentu harus berkoordinasi dengan berbagai pihak agar penyelenggaraan pemerintahan berjalan baik. Hal tersebut sesuai dengan pembentukan SKPD pada pasal 120 UU No 32 tahun 2004 tentang pemerintahan. “Mengenai usulan perpanjangan masa kerja LOD DIY tidak lepas dari pertimbangan efisiensi anggaran proses penyeleksian anggota komisioner LOD DIY,” ujar Chaniago Iseda. (Hrd)

BERITA REKOMENDASI