Idham: Pancasila Ideologi Terbaik Bangsa Indonesia

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Pancasila adalah ideologi yang terbaik dan paling sempurna bagi Bangsa Indonesia karena digali dari bumi pertiwi. Dengan begitu, nilai-nilai Pancasila tidak akan berbenturan dengan agama, budaya dan adat-istiadat yang sangat beragam berkembang di Indonesia.

Demikian disampaikan Anggota MPR RI sekaligus Pembina Perkumpulan Keluarga Besar Tamansiswa (PKBTS) Drs HM Idham Samawi dalam acara Sosialisasi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika di Hotel Cavinton Yogyakarta, Sabtu (25//2020). Acara ini kerja sama MPR RI dan Pengurus Pusat PKBTS. Pembicara lain Wakil Ketua Badan Sosialisasi MPR RI Taufik Basari dan Anggota MPR RI Nurul Arifin dipandu Sekretaris Umum PKBTS Ki Hazwan Iskandar Jaya SP MED. Kegiatan sosialisasi diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Menurut Idham, Pencasila juga bisa dikatakan merupakan ideologi yang paling lengkap di dunia. Ia membandingkan dengan ideologi Amerika Serikat yang tidak punya keadilan sosial, juga ideologi Tiongkok yang tidak mengatur soal ketuhanan. Selain itu terbukti, Pancasila adalah satu-satunya ideologi yang mampu mempersatukan bangsa Indonesai yang sangat mejemuk. “Oleh karena itu, saya mengajak saudara sekalian untuk berani pasang badang melindungi dan membela Pancasila dari upaya pihak-pihak yang ingin menggantikannya sebagai ideologi bangsa,” katanya.

Nurul Arifin mengatakan, sosialisasi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika begitu penting dilakukan terus menerus, karena inilah yang mengikat Indonesia sebagai suatu bangsa. Sebagai way of life (pandangan hidup bangsa), Pancasila sudah semestinya dijadikan panduan setiap warga negara Indonesia dalam bertutur kata dan berperilaku di kehidupan sehari-hari.

BERITA REKOMENDASI