Idul Adha, Pemda DIY Bagikan 7 Sapi

YOGYA (KRjogja.com) – Tujuh ekor sapi kurban dari Pemda DIY, Jumat (9/9/2016) diserahterimakan untuk lima kabupaten kota se DIY. Tak hanya itu, dua ekor sapi juga diberikan pada Masjid Gede Kauman dan Pakualaman sesuai dengan tradisi setiap tahunnya.  

Sapi-sapi tersebut diserahterimakan oleh Wakil Gubernur DIY, Paku Alam X di Bangsal Kepatihan pagi tadi. Hewan-hewan yang total bernilai Rp 178 juta tersebut nantinya akan dikurbankan pada hari raya Idul Adha yang jatuh tepat 12 September 2016.

Tak hanya itu, kali ini diserahterimakan pula satu sapi dari Pemerintah Pusat yang tahun ini diberikan pada Kabupaten Kulonprogo. Sapi seharga Rp 47 sengaja diberikan pada wilayah di mana penduduk miskin dirasa cukup banyak.

"Tahun 2015 lalu diberikan ke Gunungkidul, tapi tahun ini dipilih Kabupaten Kulonprogo. Dari pusat diberikan dalam bentuk uang dan Pemda yang membelanjakan dapat sapi berbobot 1000 kilogram ini," ungkapnya.

Sementara Kepala Biro Umum Humas dan Protokol Pemda DIY Haryanta menambahkan, Sri Sultan HB X memberikan 7 ekor sapi yakni lima untuk kabupaten kota sementara dua lainnya diberikan ke Masjid Kauman dan Pakualaman. Sapi-sapi tersebut dibeli dengan harga Rp 178 juta dari peternak lokal di kawasan Cangkringan Sleman.

"Kami beli dari peternak lokal di Cangkringan, semuanya sapi Jawa. Lima sapi langsung dibawa ke kabupaten kota dan dua ke Masjid Kauman dan Pakualaman, semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat," ungkapnya.

Di Masjid Kauman sendiri satu sapi pemberian Sultan tersebut ditempatkan di bawah pohon di bagian belakang masjid. Sapi yang memang cukup besar dan gemuk menjadi perhatian warga khususnya anak-anak yang kemudian bermain di lokasi tersebut. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI