Ikadin Ajak Kandidat Pilkada Taati Protokol Kesehatan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Ketua DPC Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) Gunungkidul, H Kokok Sudan Sugijarto SH mengajak para kandidat cabup dan cawabup harus melakukan kontrol dalam menjalankan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 dalam setiap tahapan pelaksanaan Pilkada sampai dilakukannya pemungutan suara.

“Kami berharap ajang demokrasi pilkada ini khususnya di Kabupaten Gunungkidul sebagai contoh kepada masyarakat untuk bisa menerapkan normal baru dalam tatanan kehidupan,” ujar Koko Sudan Sugijarto, putra asli Gunungkidul kepada wartawan di Kantor Advokat HKS Jalan Veteran Yogyakarta.

Untuk itu para kandidat harus bisa memberi contoh kepada masayarat untuk tertib dalam menerapkan protokol kesehatan. Selain selalu mengenakan masker, para kandidat harus tetap menjaga jarak aman maupun mengajak masyarakat selalu mencuci tangan.

Karena sampai saat ini jumlah kasus Covid-19 di Indonesia terus mengalami peningkatan. Apalagi pemerintah pusat tetap akan melaksanakan Pilkada pada 9 Desember meski sejumlah pihak menginginkan akan pesta demokrasi tersebut ditunda.

Sebagai konsekuensi pelaksanaan Pilkada tetap dilakukan maka para kandidat wajib hukumnya untuk mentaati protokol kesehatan. Jangan sampai para kandidat tidak tertib menjalankan protokol kesehatan yang berakibat masyarakat dan para pendukung ikut-ikutan.

“Karena kalau Pilkada membuat kasus Corona semakin meningkat maka masyarakat yang akan dirugikan. Untuk itu kami berharap Pilkada di Indonesia khususnya di Gunungkidul dapat berjalan tertib dan aman dari Covid-19,” tegasnya. (Usa)

BERITA REKOMENDASI