IKM UAD Gelar Uji Kompetensi Ahli K3 HIMU

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Peminatan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) mengadakan Uji Kompetensi BNSP. Skema yang diujikan Ahli K3 Muda dan Higiene Industi Muda (HIMU). Kegiatan ini diikuti oleh 74 mahasiswa yang dilakukan secara luring di Tempat Uji Kompetensi Ilmu Kesehatan Masyarakat (TUK IKM) Kampus 3 UAD, Glagahsari.

Machfudz Eko Arianto SKM MSc selaku Manager TUK Prodi IKM mengatakan; Uji Kompetensi merupakan implementasi dari Permenristek Dikti nomor 59 tahun 2018 Tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar, dan Tata Cara Penulisan Gelar di Perguruan Tinggi, disebutkan, setiap lulusan perguruan tinggi berhak mendapatkan ijazah, sertifikasi kompetensi dan gelar.

Selain itu juga untuk meningkatkan pengakuan atas kompetensi dan meningkatkan daya saing mahasiswa di era sekarang ini. “Mahasiswa yang lulus dalam uji kompetensi skema Ahli K3 Muda dan HIMU akan mendapatkan sertifikat berlambang burung garuda dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi/BNSP,” ujarnya, Kamis (14/10/2021).

Julian Dwi Saptadi MSc selaku Manager Teknis Sertifikasi Prodi IKM mengatakan dalam pelaksanaan uji kompetensi ini secara teknis diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi UAD (LSP UAD) yang merupakan LSP P1 yang di miliki UAD. “Persyaratan bagi mahasiswa peserta uji kompetensi adalah telah menempuh matakuliah Peminatan Keselamatan dan Kesehatan (K3). Ada 3 tes yang dilalui oleh mahasiswa yaitu tes tulis, lisan dan demontrasi praktik,” ucapnya.

Dalam kegiatan uji kompetensi ini memperhatikan protol kesehatan yaitu wajib menggunakan masker, menjaga jarak, cuci tangan pakai sabun, melampirkan hasil tes PCR/ Antigen/ G Nose, dan membatasi jumlah peserta perharinya.(Jay).

 

BERITA REKOMENDASI