Ikuti JIHW 2016, Bule Tertarik Landscape Imogiri dan Prambanan

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA(KRjogja.com) – Tak Kurang 300 pejalan kaki dari luar negeri siap terlibat dalam ajang Jogja International Heritage Walk (JIHW) 2016 19-20 November 2016. Mereka mengaku tertarik dengan landscape pemandangan kawasan Imogiri dan Prambanan yang dinilai tidak ada di negara-negara anggota Liga Jalan Kaki Internasional lainnya.

Fitriani Kuroda, ketua penyelenggara JIHW 2016 dalam temu pers di Grand Aston Hotel Kamis (17/11/2016) mengatakan tak kurang 3500 peserta akan ikut dalam dua hari event di Prambanan dan Selopamioro Imogiri. Jumlah tersebut masih ditambah dengan 305 peserta asing dari 28 negara di berbagai belahan dunia.

"Ternyata satu hal yang membuat peserta asing semakin banyak dari tahun ke tahun salah satunya adalah suasana di pedesaan Yogyakarta. Di Imogiri ada landscape perpaduan antara sawah, perbukitan, sungai dan pedesaan yang memang menarik para peserta asing," ungkapnya.

Tak hanya itu, JIHW juga akan memberikan medali spesial yang diberinama Royal Princess Medal dari GKR Mangkubumi selaku Ketua Umum Jogja Walking Assosiciation. Medali tersebut menurut Fitriani juga salah satu incaran peserta asing karena Yogyakarta menjadi salah satu penyelenggara lomba jalan kaki internasional di mana ketuanya merupakan puteri kerajaan.

"Peserta asing akan mendapatkan medali tersebut adalah yang berhasil menyelesaikan rute 2×20 kilometer selama dua hari dan untuk peserta usia lebih dari 70 tahun diberikan keringanan yakni 2×10 kilometer. Sementara untuk peserta domestik 50 peserta finisih pertama juga akan diberikan medali tersebut, sebagai bentuk penyemangat untuk terus berjalan kaki," imbuhnya. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI