Imlek di Stasiun Tugu, Pengunjung Dihibur Barongsai

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Suasana perayaan Tahun Baru Cina di Yogyakarta Jumat (16/2/2018) ternyata tak hanya terlihat di Klenteng atau Pecinan saja. Stasiun Tugu Yogyakarta yang notabene merupakan pusat keluar masuknya penumpang kereta pun menyajikan suasan Imlek dengan pertunjukkan Barongsai di sisi selatan stasiun. 

Atraksi barongsai dan liong pun menyambut pengunjung yang datang maupun hendak keluar dari stasiun di pagi dan sore hari. Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto mengatakan atraksi barongsai bertepatan dengan Imlek ini sengaja ditampilkan sebagai upaya memberikan hiburan pada masyarakat. 

“Hari ini spesial memperingati Imlek, PT KAI Daop 6 Yogyakarta menampilkan atraksi barongsai dan liong di sisi selatan Stasiun Tugu Yogyakarta. Atraksi akan dimainkan dua kali yakni pagi hari tadi dan sore pukul 17.00 WIB,” ungkap Eko. 

Secara khusus, Eko menyampaikan bahwa upaya memberikan hiburan untuk penumpang dan masyarakat dilakukan untuk mempertegas stasiun sebagai salah satu ruang publik yang nyaman. “Kami sosialisasi juga pada masyarakat bahwa zona 3 halaman selatan stasiun Tugu difungsikan sebagai area publik, nantinya setelah pedestrian selesai akan semakin nyaman,” sambungnya. 

Sosialisasi pada masyarakat menurut Eko wajib dilakukan karena selama ini area tersebut tak berfungsi sesuai peruntukannya karena banyaknya lapak di atas trotoar. “Sekarang sudah berbeda suasanannya, dan masyarakat kami harap bisa memanfaatkan dengan hal positif baik untuk pejalan kaki maupun aktivitas lain seperti menghabiskan sore hari atau bahkan pertunjukkan lainnya,” pungkas Eko. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI