IndoMS School on Journal Article Review

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja.

Kampus Merdeka memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memilih mata kuliah yang akan mereka ambil. Di lain pihak, organisasi profesi Himpunan Matematika Indonesia (IndoMS) yang diketuai oleh Prof Indah Emilia WIjayanti MSi juga mendukung.

“Himpunan ini merupakan wadah bagi matematikawan, pendidik, pengguna, dan penggemar matematika, dengan nama Himpunan Matematika Indonesia. Bentuk dukungan dalam kegiatan MBKM ini adalah pemberian dukungan finansial bagi penyelenggaraan IndoMS School,” kata Dr Puguh Wahyu Prasetyo MSc, Ketua Panitia Pelaksana IndoMS School on Journal Review, Sabtu (28/08/2021).

Dijelaskan, IndoMS school merupakan short course yang setara dengan perkuliahan minimum 2 sks yang ditempuh peserta selama minimal 42 jam meliputi aktivitas sinkron berupa pertemuan virtual melalui google meet, dan aktivitas asinkron berupa penugasan dan self study melalui Learning management System. Akan tetapi dalam IndoMS School ini peserta tidak terbatas hanya untuk mahasiswa S1 namun juga utk umum baik itu dari guru maupun dosen ataupun mahasiswa pascasarjana.

Dalam kesempatan ini, Program Studi S1 Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mendapatkan amanah untuk menyelenggarakan IndoMS school dengan tema Journal Article Review. Kegiatan ini dilaksanakan dalam 14 pertemuan. Diawali dari kegiatan pembukaan oleh Wakil Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UAD Dr Dody Hartanto MPd, 2 hingga penutupan tanggal 27 Agustus 2021.

Disampaikan Dr Puguh Wahyu Prasetyo MSc, IndoMS school on Journal article review diikuti oleh 72 peserta dari 14 institusi pengirim. Uswatun Khasanah MSc, Kaprodi S1 Pendidikan Matematika UAD, menambahkan untuk proses pembelajaran selama pelaksanaan IndoMS school on Journal Article Review berlangsung merupakan kolaborasi antara tiga dosen pengampu, yaitu Aan Hendroanto MSc dari UAD, Dr Sri Adi Widodo MPd dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta dan Siti Khoiruli Ummah MPd dari Universitas Muhammadiyah Malang.

“Harapan dari pelaksanaan ini peserta antarinstitusi dapat saling mengenal satu sama lain dan mendapatkan pembelajaran yang menarik dengan pengampu dari 3 institusi,” ucap Puguh Wahyu Prasetyo.

Salah satu peserta, Yuni Yatha, menyampaikan kegiatan ini sangat menarik untuk diikuti dan menambah wawasan khususnya dalam bidang Journal Article Review. (Jay)

UAD

BERITA REKOMENDASI