Indonesia Raya 3 Stanza Bergemuruh di UIN Sunan Kalijaga

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Suasana tampak berbeda di UIN Sunan Kalijaga, Jumat (25/05/2018). Ribuan orang berbondong-bondong memadati gedung Prof Dr H M Amin Abdullah. Tak hanya kalangan mahasiswa, jajaran dosen pun terlihat turut memenuhi bangku.

Perhelatan Narasi Roadshow Jogja kali ini memang menyajikan talkshow yang apik, baik dari sisi pembicara maupun konsep acara. Kegiatan yang dibalut dalam tajuk #RamadanCinta tersebut terbagi menjadi dua sesi, yaitu content creator day bersama Dadad Sesa (@javafoodie), Mario (Duo Budjang), Faza (Si Juki Meonk, dan M Ali Ghifari & M Iqbal (Film Maker Muslim).

Baca juga :

Gusdurian Lahirkan Platform Aduan Ujaran Kebencian

Ujaran Kebencian Sulitkan Diri Hargai Perbedaan

Usainya, dialog dilanjutkan oleh Najwa Shihab dalam Catatan Najwa yang turut mengundang Yudian Wahyudi (Rektor UIN Sunan Kalijaga), Alissa Wahid (Koordinator Jaringan Gusdurian), Kikan Namara (Duta Perdamaian BNPT) dan Dahnil Anzar Simajuntak (Ketum Pemuda Muhammadiyah).

Adzan berkumandang dan menyudahi talkshow pada sesi pertama, peserta pun dipersilahkan untuk melaksanakan ibadah sholat sebelum memulai sesi selanjutnya. Setelah itu, peserta kembali menduduki bangku kosong yang berada di dalam ruangan. Dialog sesi kedua dimulai, tetapi sebelumnya ribuan peserta berdiri dan menyanyikan lagu Indonesia Raya dalam 3 stanza.

Dengan panduan lirik di depan panggung mengenakan layar proyektor, tampak seluruh peserta menyanyikan lagu kebangsaan dengan penuh penghayatan. Bahkan ruangan yang dipadati ribuan orang tersebut sampai membuat suara bergemuruh dan bergema. Sontak hal tersebut membuat beberapa peserta terharu bahkan hingga meneteskan air matanya.

“Merinding, baru pertama nyanyiin. Liriknya bagus soalnya harapan dan cita-cita para founding father yang dituangkan kedalam lagu itu,” tutur Muhammad Rizieq, mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora kepada KRJOGJA.com.

Senada dengan Rizieq, mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta Angela Handoko pun merasa sangat terharu ketika mampu menyanyikan lagu Indonesia Raya dalam 3 Stanza. “Terharu banget, merinding sampai netesin air mata. Rasanya itu terenyuh, ketika Indonesia baru keadaan seperti ini tapi kita nyanyi bareng-bareng dan itu kompak banget,” tegasnya. (MG-10)

BERITA REKOMENDASI