Indonesia Scooter Festival Dibubarkan, Begini Penjelasan Satpol PP

YOGYA, KRJOGJA.com – Satpol PP DIY membubarkan acara Indonesia Scooter Festival yang di gelar di salah satu mall di Jalan Lakda Adisutjipto, Yogyakarta pada Sabtu (5/12/2020) malam. Meskipun telah mengantongi ijin dari Satgas Covid Kota Yogyakarta, namun penyelenggaraan acara ini melanggar protokol kesehatan yang telah ditentukan.

Kepala Satpol PP DIY, Noviar Rahmad mengungkap, pihaknya mendapatkan banyak laporan pengaduan masyarakat terkait dengan kerumunan orang pada event scooter tersebut. Menindaklanjuti, Noviar beserta anggotanya, bekerjasama dengan Polda DIY, Polresta Yogyakarta serta Pol PP Kota Yogyakarta mendatangi dan menertibkan acara tersebut.

Menurut Noviar, panitia acara tersebut telah mengantongi ijin kegiatan selama 2 hari dari Sabtu hingga Minggu (6/12/2020) hari ini. Namun ada kewajiban didalam ijin tersebut yang tidak dipatuhi yakni akses terbatas untuk 30 peserta saja, dan dibagi menjadi 6 sesi.

“Tetapi fakta di lapangan menunjukan bahwa peserta ada lebih dari 500 orang yang datang dari luar DIY. Gerombolan ini mengakibatkan terjadi kerumunan di sekitar lokasi acara, Tugu Pal Putih dan beberapa ruas jalan lainnya,” ungkapnya melalui rilis tertulis.

BERITA REKOMENDASI