Industri Agro Jadi Sektor Unggulan DIY

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Sektor industri agro termasuk sektor unggulan di DIY. Namun sayangnya sektor ini tidak terlepas dari berbagai permasalahan. Untuk itu, Disperindag DIY berupaya mengatasi permasalah tersebut di antaranya melalui pemberian fasilitas pembinaan baik pelatihan, bantuan mesin/peralatan, promosi serta pemasaran dan sebagainya.

Kepala Disperindag DIY Aris Riyanta mengatakan, sektor industri khususnya Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang tersebar di seluruh kabupaten/kota se-DIY ini mayoritas 60 persen merupakan industri agro dalam arti luas. Kondisi industri khususnya IKM di DIY tersebut masih menghadapi banyak permasalahan.

“Permasalahan IKM yang dihadapi antara lain kurangnya daya saing produk, ketergantungan bahan baku atau penolong impor, keterbatasan kemampuan sumber daya manusia (SDM) dan teknologi industri. Selain itu, belum optimalnya perlindungan dan pemanfaatan Hak Kekayaan Intelektual (HKI),” kata Aris di Yogyakarta.

Apabila dikaitkan dengan dokumen perencanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) DIY 2017-2022, menurut Aris, keberhasilan dari pembinaan IKM diharapkan dapat memenuhi target sasaran. Hal tersebut dapat dilihat dari target indikator Nilai Tambah Industri Pengolahan selama lima tahun berturut-turut yaitu Rp 11.234 miliar pada 2018, Rp 12.151 miliar pada 2019, Rp 12.637 miliar pada 2020, Rp 13.668 miliar pada 2021 dan Rp 14.215 miliar pada 2022. (Ira)

BERITA REKOMENDASI