Industri Kesehatan dan Komunikasi Tumbuh di Masa Pandemi, Asuransi Diprediksi Turut Terangkat

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Amalia Adininggar Widyasanti, Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/BAPPENAS menyampaikan prediksi bahwa perekonomian dunia tahun 2021 akan berangsur membaik meski masih dalam masa pandemi Covid-19. Beberapa industri diprediksi bertumbuh dengan berbagai adaptasi yang harus dilakukan.

Menurut Amalia, sepanjang 2020 tercatat beberapa sektor industri bertumbuh di tengah keterpurukan seperti kesehatan, komunikasi juga jasa keuangan. Industri kesehatan dan komunikasi bahkan mampu mencatatkan pertumbuhan hingga 11,6 persen dan 10,58 persen.

“Kalau kita berkaca dari masa setelah wabah yakni Black Death dan Spanish Flu, terjadi perubahan dunia seperti berakhirnya era perbudakan dan mulainya Globalisasi 1.0. Ini yang kami prediksi di mana pandemi Covid ini akan mengubah dunia baik ekonomi maupun kehidupan dan sudah mulai terlihat di mana industri informasi komunikasi juga farmasi dan kimia naik hingga dua digit,” ungkapnya dalam konferensi pers virtual bersama Prudential, Rabu (21/4/2021).

Amalia mengungkap adanya prediksi beberapa industri lain yang akan terangkat seperti jasa keuangan dan asuransi. Tak bisa dipungkiri menurut dia, bahwa masyarakat mulai menyadari pentingnya kesehatan dan memiliki jaminan ketika terjadi sesuatu yang tak diinginkan dalam hidup.

“Ada prospek seiring kesadaran masyarakat untuk punya asuransi ketika terjadi hal yang tak diinginkan seperti pandemi. Momen ini harus dimanfaatkan industri baik itu variasi produk beragam yang disesuaikan dengan kemampuan serta keinginan dari nasabah. Namun keseluruhan, animo masyarakat pada industri asuransi semakin membaik setelah adanya pandemi,” sambung dia.

BERITA REKOMENDASI