Industri Mebel dan Kerajinan Mulai Bangkit

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Asosiasi Industri Mebel & Kerajinan Indonesia (Asmindo) DIY terus berupaya mendorong pertumbuhan ekspor produk mebel dan kerajinan di DIY. Pihaknya dalam ini berupaya melakukan peningkatan kualitas produk mebel dan kerajinan dengan kreasi, produksi, distribusi dan program-program perlindungan maupun pemanfaatan hubungan antarlembaga.

Ketua Asmindo Komda DIY Timbul Raharjo mengatakan perkembangan industri mebel dan kerajinan di DIY mulai menemukan kebangkitannya. Ketika berbagai macam segmen yang ada di Indonesia, khususnya di DIY mulai membuat aksi-aksi penting terutama memperkenalkan usaha mebel dan kerajinan.

“Kami sudah melakukan beberapa hal terutama yang terkait dengan kreasi, produksi, distribusi dan program-program perlindungan. Pemanfaatan hubungan antar lembaga untuk mendorong pertumbuhan usaha mebel dan kerajinan di DIY,“ kata Timbul di Yogyakarta.

Baca juga :

3 Sudah Ditetapkan, Tersangka Tragedi Susur Sungai Bakal Tambah Lagi?
DIY Kembali Raih Predikat AA, Layanan Publik Dituntut Lebih Baik

Timbul menegaskam produk mebel dan kerajinan DIY secara kreasi memiliki kemampuan yang baik, terbukti beberapa produk mebel dan kerajinan dari DIY tersebut memenuhi beberapa pameran dunia. DIY memiliki Bantul sebagai Mekahnya Kriya yang mempunyai jumlah perajin dan produk yang memenuhi pasar-pasar global.

“Sebagai sentra produk mebel dan kerajinan di DIY, Bantul juga didukung pembahanan atau material dari Gunungkidul sehingga bahan dari sana menjadi tumpuan utama. Kemudian Kulonprogo yang kini memiliki Bandara Internasional Yogyakarta (BIY) bisa dimanfaatkan untuk distribusi produk mebel dan kerajinan DIY,” tambahnya. (Ira)

BERITA REKOMENDASI