Industri Pertanian Bakal Jadi Primadona Baru Bursa Saham

Pengamat ekonomi dari Celios – Center of Economic and Law Studies Bhima Yudhistira menyatakan industri pertanian memiliki potensi yang besar sekali untuk menjadi sektor penggerak pemulihan ekonomi nasional. Hal ini terbukti selama dua tahun belakangan ini sektor pertanian menjadi pilar utama perekonomian nasional yang konsisten tumbuh dan menyumbang 14,3 persen terhadap PDB nasional pada kuartal III 2021.

“Dampak yang diciptakan sektor pertanian terbukti mampu menampung tenaga kerja yang terdampak pandemi. Ketika sektor usaha lainnya mengalami penurunan serapan tenaga kerja, sektor pertanian berhasil menyerap 29,5 persen total lapangan kerja per Februari 2021,” imbuhnya.

Bhima menilai dari sisi potensi investasi, sektor pertanian memiliki prospek yang cerah khususnya di pasar saham. Sektor pertanian tidak kalah menarik dibanding sektor yang sedang booming seperti e-commerce dan digitalisasi di sektor keuangan. Buktinya emiten-emiten saham berbasis komoditas pertanian dan perkebunan tercatat mengalami kenaikan yang signifikan selama masa pandemi.

“Beberapa investor global bahkan meyakini ditengah tantangan pemulihan ekonomi, performa sektor pertanian akan menjadi champion dalam jangka panjang,” tandasnya. (Ira)

BERITA REKOMENDASI