Ingin Kembangkan UMKM, Ini Sektor Potensial di 2022

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menggeliat di tengah pandemi dan membawa peluang lapangan kerja bagi masyarakat. Lantas, sektor apa saja yang bisa menjadi peluang, bagi kita yang hendak menjajal usaha di tahun 2022 ini?

Wasekjen DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Bidang UMKM, Hengky Eko Sriyantono mengatakan sektor UMKM akan terus berkembang, apalagi saat ini masyarakat melek teknologi dan berani bertransformasi secara digital. Hengky yang juga praktisi UMKM bidang kuliner ini menilai perilaku konsumen mulai berubah dan sudah terbiasa berburu barang belanjaan dari marketplace melalui ponsel.

“Hal ini jadi peluang bagi masyarakat yang ingin memulai usaha. Tahun 2022 ini ada beberapa bisnis yang menjanjikan meliputi kuliner, fashion, gadget, produk kecantikan, pakaian dan alat-alat bayi, gim dan produk custom,” ungkapnya dalam rilis tertulis, Selasa (11/01/2022).

Bisnis kuliner menurut Hengky masih memiliki prospek tahun ini jika dijalankan dengan cara perpaduan offline dan online. Masyarakat yang belum memiliki modal cukup besar, bisa memiliki pilihan berusaha.

“Kalau belum ada modal, bisa full online dulu memanfaatkan rumah. Jadi, kita terjun di dunia online lewat marketplace ataupun bisa dengan pesan layan antar yang sudah ada di aplikasi,” sambung dia.

Sementara, produk fashion, Hengky melihat saat ini banyak para pelaku bisnis menjual barang dagangannya melalui live streaming media sosial. Ternyata, cara tersebut terbukti bisa menambah penjualan produk tanpa terlebih dahulu mengeluarkan cost lebih untuk membuka lapak.

“Kemudian kita bisa pertimbangkan pula bisnis produk kecantikan. Selama pandemi ini masyarakat justru sering melakukan perawatan tubuh maupun wajah walau tidak keluar rumah. Ini bisa jadi opsi juga untuk kita, meski mungkin harus lebih banyak modalnya,” lanjut dia lagi.

Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios), Bhima Yudhistira menambahkan untuk industri makanan dan minuman, potensi masih akan terus bagus di tahun ini. Namun terpenting, UMKM mau bermigrasi ke dunia pemasaran digital.

“Digitalisasi efektif meningkatkan pendapatan, memperluas jangkauan layanan dan pengembangan usaha. UMKM harus terus berpikir untuk memaksimalkan ranah digitalnya,” terang dia. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI